Bupati Agam Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, memesan kapal multi fungsi kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tanjung Raya yang akan dipergunakan untu..." /> Bupati Agam Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, memesan kapal multi fungsi kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tanjung Raya yang akan dipergunakan untu..." />

Bupati Agam Pesan Kapal Multi Fungsi Pada Siswa SMKN I Tanjung Raya

Bupati Agam Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, memesan kapal multi fungsi kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tanjung Raya yang akan dipergunakan untuk kepentingan Danau Maninjau.

Hal tersebut terungkap saat Bupati Agam mengunjungi tempat praktek siswa SMKN I Tanjung Raya jurusan otomotif dan mesin beberapa waktu lalu.

Pemesanan kapal yang dilakukan Bupati Agam disaat kunjungan ke SMKN I Tanjung Raya, ketika orang nomor satu di Kabupaten Agam ini melihat siswa SMKN I Tanjung Raya saat memperbaiki mesin, sehingga timbul ide tersebut untuk menantang siswa membuatkan sebuah kapal yang akan dipergunakan sebagai kapal patroli untuk membersih Danau Maninjau.

"Apakah mesin tersebut bisa dipakai untuk mesin kapal, kalau bisa tolong bikinkan saya sebuah kapal yang bisa sebagai multifungsi digunakan di Danau Maninjau" ujar bupati.

Dalam pemesanan kapal, bupati sangat serius sekali, sehingga langsung meminta kepala sekolah untuk membuatkan kapal patroli serta sebagai kapal pembersih danau dengan secepatnya.

Kepala Sekolah SMKN Tanjung Raya Drs. Zulhatman, langsung menjawab dengan kesanggupan membuat kapal dengan secepatnya.

"Dengan alat yang kita miliki diruangan praktek, siswa memang sudah bisa bikin kapal yang dipesan Bupati Agam yang akan dipergunakan di Danau Maninjau," katanya.

Dilain pihak, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga Kabupaten Agam Drs Erwin Umar, MPd menyatakan siap untuk membuat kapal ini, karena SMKN I Tanjung Raya memiliki alat yang lengkap, bahkan sudah pernah membuat sebuah mesin CPO mini yang bisa menghasilkan satu sampai dua ton perhari.

Kalau sekarang ditantang untuk membuat sebuah kapal multifungsi, pihak Dinas akan mendukung itu serta akan memberikan bimbingan kapada sekolah tersebut.

Sumber : Bagian Humas Setda Agam