Keinginan Bupati Agam Indra Catri agar masyarakatnya selalu berperilaku hidup bersih dan sehat, melalui program unggulannya WC Bersih, nampaknya mulai terjawab oleh mas..." /> Keinginan Bupati Agam Indra Catri agar masyarakatnya selalu berperilaku hidup bersih dan sehat, melalui program unggulannya WC Bersih, nampaknya mulai terjawab oleh mas..." />

Mendukung Program WC Bersih, 16 Jorong Deklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan

Keinginan Bupati Agam Indra Catri agar masyarakatnya selalu berperilaku hidup bersih dan sehat, melalui program unggulannya WC Bersih, nampaknya mulai terjawab oleh masyrakat. Terbukti sebanyak 16 jorong di Kabupaten Agam menyatakan sekaligus mendeklarasikan Stop Buang air besar Sembarangan (SBS).

Pendeklarasian itu berlangsung dihadapan Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan ( P2PL ) Kementerian Kesehatan RI Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K),MARS, DTM&H, DTCE, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Barat, Bupati Agam yang diwakili Sekda Agam Syafirman, SH, SKPD jajaran Pemerintah Kabupaten Agam, camat dan wali nagari se-Kabupaten Agam, bertempat di Jorong Simpang Nagari Batagak Kecamatan Sungai Pua, Jumat ( 27/1 ).

 

air bersih


Penandatanganan deklarasi SBS tersebut dilakukan secara simbolis oleh Wali jorong Simpang Nawardi St.Palindih, Ketua BPS Pamsimas Edi Warman, Wali Nagari Batagak Zulkarnaini, Tokoh masyarakat Muslim St. Nagindo, Camat Sungai Puar Budi Perwira Negara dan kepala Puskesmas drg. Nofi Yendri. Selain itu juga diserahkan 16 sertifikat SBS yang diserahkan Dirjen P2PL  kepada 16 wali nagari ( satu nagari perkecamatan ) di Kabupaten Agam.


Kegiatan pendeklarasian yang disinergikan dengan program Pamsimas itu, mendapat sambutan antusias dari masyarakat, malahan ada syarat unik bagi masyarakat yang ingin mendapatkan sambungan air bersih melalui program Pamsimas berupa, belum bisa mendapatkan aliran air bersih apabila WC belum bersih. Syarat ini merupakan kesepakatan bersama tokoh-tokoh masyarakat Jorong Simpang Nagari Batagak, dalam mendukung program Bupati Agam Indra Catri melalui WC bersihnya.
 
Dalam sambutannya bupati Agam yang diwakili Sekda Agam Syafirman mengatakan, hingga tahun 2011 ini, kegiatan Pamsimas di kabupaten sudah mencapai sebanyak 50 lokasi yang tersebar pada 16 kecamatan. “ Kita sangat berharap, lantaran tingginya minat masyarakat untuk peningkatan derajat hidup bersih dan sehat dewasa ini, sekaligus menopang agenda daerah melalui program WC Bersih, Pemerintah Kabupaten Agam sangat membuka diri dan siap menerima berbagai program dari jajaran Kementerian kesehatan RI,” ujar Syafirman.
Sementara itu, Dirjen P2PL Tjandra Yoga Aditama, program SBS memiliki manfaat yang sangat besar untuk dunia kesehatan, karena kalau kita buang air sembarangan bisa menyebarkan berbagai penyakit. Untuk itu diminta kepada masyarakat untuk menjaga sumber air dengan baik serta mengembangkannya kearah yang lebih bermanfaat lagi.


"Marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan, baik kebersihan rumah, sekolah, nagari dan lingkungan sehingga tidak ada lagi penyakit yang menghinggapi masyarakat kita pada masa mendatang," ajak Tjandra Yoga Aditama.

Bag. Humas Setda Kab. Agam