Balai Gurah Terpilih Jadi Daerah Sentral Sulaman

Bagari Balai Gurah Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam, terpilih sebagai daerah sentral sulaman Indonesia oleh Yayasan Sulaman Indonesia (YSI) beserta Ketua Dekranasda Provinsi Sumbar. Saat ini daerah tersebut sibuk mempersiapkan grand launching yang dilakukan  pada bulan Juni mendatang. "Daerah Balai Gurah Kecamatan Ampek Angkek ini dinyatakan layak oleh Yayasan Sulaman Indonesia untuk daerah sentra sulaman di Kabupaten Agam," kata Camat Ampek Angkek Endrizal.

Persiapan yang dilakukan terangnya, pihak kecamatan dan Denkranasda Sumbar mempersiapkan 15 orang pengrajin sulaman di daerah tersebut untuk dilatih jadi disainer, pemadu warna, dan gambar yang sedang trend. Selain itu, saat ini pihak kecamatan juga disibukkan untuk mempersiapkan pembukaan pelatihan yang akan dibuka pada tanggal 27 Januari 2012, langsung dihadiri  Ny. Vita Gamawan Fauzi, dan Ny. Jero Wacik dan Direktur Utama PT. PLN.

"Mereka juga akan dilatih enam bulan di Kantor Dekranasda Kabupaten Agam oleh pelatih dari Jakarta yang didatangkan Yayasan Sulaman Indonesia. Pembukaan nantinya akan dilaksanakan pada 27 Januari 2011," tambahnya. Usia untuk pengrajin yang dipilih untuk dilatih ini, berusia antara 35-50 tahun dengan tujuan agar mereka bisa menjadi pelatih di daerah tersebut dan mengembang kerajian sulaman itu. ”Setelah 15 pengrajin mahir, pada Oktober 2012 akan dilakukan demo sulaman yang telah jadi dan festival sulaman se-ASEAN di Kota Bukittinggi dan langsung dihadiri Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono dan para istri menteri lainnya.” pungkasnya.

Bag. Humas Setda Kab. Agam