Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Dr Indra MPPM mengatakan, pentingnya kesadaran Jamkesda Mandiri disosialisasikan kepada masyarakat, agar mereka membayar sendiri p..." /> Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Dr Indra MPPM mengatakan, pentingnya kesadaran Jamkesda Mandiri disosialisasikan kepada masyarakat, agar mereka membayar sendiri p..." />

Dinkes: Pentingnya Kesehatan Jamkesda Mandiri di Sosialisasikan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Dr Indra MPPM mengatakan, pentingnya kesadaran Jamkesda Mandiri disosialisasikan kepada masyarakat, agar mereka membayar sendiri premi asuransi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan jenis pelayanan yang sama dengan pelayanan Jamkesmas.

"Tahun 2012 Dinkes Agam lakukan terobosan premi asuransi berjumlah Rp72 ribu per jiwa tiap pertahun," kata Indra kepada AMC, Senin (3/1).

Kata Indra, pendaftaran akan dibuka untuk tiga periode yaitu periode Maret, Juli dan November 2012. Sedangkan periode Maret 2012, pendaftaran bagi peserta Jamkesda dibuka sampai tanggal 20 Januari 2012," kata Dr Indra, MPPM Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam. Selasa(03/01).

Program Jamkesda Mandiri sudah mulai dilaksanakan di Kabupaten Agam sejak bulan November tahun 2011 yang lalu dengan premi yang dibayarkan yaitu Rp120 ribu per jiwa pertahun.

Terobosan ini dibuat atas dasar adanya ketidak pastian terhadap risiko sakit dan ketidak tahuan akan pelayanan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat jika mereka sakit, sementara biaya pelayanan kesehatan semakin hari semakin mahal.

"Akan tetapi belum semua masyarakat kita tahu dan memahami program ini sehingga hanya sebagian kecil saja dari masyarakat yang mendaftarkan diri menjadi peserta," kata Indra.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Agam bekerja sama dengan  BAZ Agam dan Askes melakukan Sosialisasi Pengembangan Jamkesda Mandiri yang dilaksanakan tanggal 28 dan 29 Desember 2011 yang dihadiri oleh camat, kepala puskesmas dan walinagari se-Kabupaten Agam.

Sosialisasi untuk peserta dari Agam Barat dilaksanakan kemaren di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Agam tanggal 28 Desember 2011 dan Agam Timur dilaksanakan di Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Agam di Bukittinggi tanggal 29 Desember 2011 berjalan lancar.

Sumber Bagian Humas Setda Agam