Beras kuriak kusuik selama ini merupakan sector unggulan Kecamatan TIlatang Kamang Kabupaten Agam di bidang pertanian. Namun beberapa tahun belakangan ini bibit untuk b..." /> Beras kuriak kusuik selama ini merupakan sector unggulan Kecamatan TIlatang Kamang Kabupaten Agam di bidang pertanian. Namun beberapa tahun belakangan ini bibit untuk b..." />

Tilkam Upayakan Mengatasi Kekurangan Bibit Beras Kuriak Kusuik

Beras kuriak kusuik selama ini merupakan sector unggulan Kecamatan TIlatang Kamang Kabupaten Agam di bidang pertanian. Namun beberapa tahun belakangan ini bibit untuk beras tersebut menurun hingga 55 persen sehingga para petani sulit untuk mendapatkannya.
 
Camat Tilatang Kamang Kurniawan Syahputra saat dihubungi oleh AMC mengatakan, untuk mengatasi masalah tersebut, pihak kecamatan telah melakukan pembicaaraan dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) mencarikan solusi yang terbaik.
 
“Pada tanggal 2 desember lalu, kami telah melakukan pembahasan dengan PPL serta kelompok-kelompok tani yang berada di kecamatan ini dan untuk tahun 2012 ini menjadi program utama kami untuk kembali memperhatikan hal ini,” ungkapnya, Selasa (3/1).
 
Salah satu upaya yang akan dilakukan oleh pemerintah kecamatan dalam mengatasi masalah ini dengan menbuat pengadaan penangkar benih padi Kuriak Kusuik yang nantinya akan dikelola oleh masing-masing kelompok.
 
“Jika hal ini tidak segera diatasi, bisa-bisa sector unggulan kecamatan dibidang pertanian ini lama kelamaan akan hilang dan hanya tinggal nama saja, oleh sebab itu kami segera mengambil tindakan agar bibitnya tidak sulit didapatkan oleh masyarakat,” tambahnya.

Sumber : Bagian Humas Setda Agam