Dinas Kesehatan Kabupaten Agam terus memaksimalkan upaya sosialisasi pengembangan Jaminan Kesehatan Daerah ( Jamkesda ) pada tahun 2012.

Kepala Dinas Kesehat..." /> Dinas Kesehatan Kabupaten Agam terus memaksimalkan upaya sosialisasi pengembangan Jaminan Kesehatan Daerah ( Jamkesda ) pada tahun 2012.

Kepala Dinas Kesehat..." />

Dinkes Agam Maksimalkan Pengembangan Jamkesda

Dinas Kesehatan Kabupaten Agam terus memaksimalkan upaya sosialisasi pengembangan Jaminan Kesehatan Daerah ( Jamkesda ) pada tahun 2012.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Dr. Indra, MPPM mengatakan, ini merupakan tanggungjawab pemerintah daerah dalam pendistribusian serta pengembangan Jamkesda.
Dikatakan Indra, dewasa ini  masyarakat yang sudah memiliki kartu Jamkesda sebanyak 37 persen dengan total biaya yang dianggarkan APBD Agam tahun 2012 sebesar Rp. 850.000.000.

"Kami menargetkan penduduk Kabupaten Agam memiliki Jamkesmas sebanyak 60 persen," kata Indra di Lubukbasung, Senin (2/1).

Berbagai terobosan diterus dilakukan, diantaranya berkerja sama dengan BAZ (Badan Amil Zakat) Kabupaten Agam, Dinas Koperindag, Kankemenag serta para perantau untuk menyantuni masyarakat miskin yang belum mempunyai jaminan pemeliharaan kesehatan.

Selain itu, perlu juga diupayakan pengembangan Jamkesda Mandiri dengan cara meminta masyarakat untuk membayar biaya asuransi Rp120.000 tiap tahunya untuk satu warga.

Sumber : Bagian Humas Setda Agam