Agam Perketat Pengawasan Menghadapi Tahun Baru

Menghadapi tahun baru 2012, Bupati Agam Indra Catri menginstruksikan seluruh jajarannya terutama para camat agar mengantisipasi sampah yang bertebaran serta membersihkan pinggiran jalan yang menghutan. Selain itu secara khusus ditegaskan Indra Catri ketika berbincang-bincang dengan wartawan, Jum,at dini hari (30/12) dirumah kediamannya,  agar camat dan komponen terkait mengambil langkah-langkah strategis untuk mengatasi prilaku maksiat ditengah-tengah masyarakat.

Dijelaskannya, terkait dengan hal tersebut semua titik rawan yang sudah dipetakan,  agar dikawal dalam operasi bersama yang dirancang secara khusus dalam rangka pengamanan ketertiban umum untuk menyambut tahun baru. Disamping membentuk tim lalu-lintas untuk pengamanan jalur-jalur khusus, kita juga mengajak seluruh elemen untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan secara menyeluruh termasuk melakukan pengawalan melalui patroli malam, ujar bupati yang memangku gelar adat Dt. Malako Nan Putiah itu

Semua obyek wisata sudah dipastikan tidak dibuka pada malam tahun baru. Acara keramaian yg diadakan oleh pemerintah daerah pada malam tahun baru ditiadakan. Langkah antisipasi sudah disepakati dengan  seluruh pengelola objek wisata, hotel dan restoran. " Bagi mereka yang mangkir akan diberikan sangsi yang tegas," pungkas Indra Catri yang murah senyum dan selalu dekat dengan masyarakatnya tersebut.

Sebaliknya untuk berjaga-jaga, beberapa kantor camat merencanakan tetap dibuka sampai pukul 00.00 WIB sembari melayani perekaman data e-KTP memanfaatkan momen pergantian tahun tersebut. Parik paga beserta anggota polsek, camat dan wali nagari akan bergabung memperkuat patroli pada malam tahun baru tersebut. Bahkan di Maninjau secara khusus Camat Tanjung Raya, Syatria. menjadwalkan pertemuan dgn walinagari salingka danau selanjutnya mengunjungi pengusaha penginapan serta pengelola objek wisata.

Demi mengantisipasi prilaku maksiat pada malam tahun baru, secara khusus akan diaktifkan  kelompok pemuda yang tergabung dalam organisasi parik paga nagari terutama pada titik-titik rawan seperti Bukit Ambacang, Padang Hijau, Puncak Lawang, Embun Pagi, Kelok 44, sepanjang ruas jalan Maninjau, kawasan PLTA, Lubukbasung, dan Pantai Tiku. "Dengan cara demikian kita berharap pintu-pintu maksiat akan tertutup di Kabupaten Agam dan semoga Allah menjauhkan kita dari bala dan bencana alam," harap bupati yang sangat komit untuk memberantas maksiat di Luhak Agam yang Madani itu.

Sumber: Bag. Humas Setda Kab. Agam