Pasar IKM Kabupaten Agam Diresmikan

Dalam upaya membangkitkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) produk kerajinan dan usaha makanan, Pemerintah Kabupaten Agam meresmikan pasar kerajinan industri kecil dan menengah di daerah Kecamatan Ampek Angkek. "Peresmian pasar tersebut merupakan bagian dari program Dekranasda Kabupaten Agam, untuk membuka peluang pasar bagi pengrajin dan pembuat makan yang sudah ada sejak dahulunya" Kata Ketua Dekranasda Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri saat memberikan sambutan pembukaan pasar kerajinan industri dan menengah (IKM) di pasar Agro Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Sabtu (17/12). Ditambahkan, pelaku usaha skala mikro kecil bidang kerajinan sudah mengalami pertumbuhan cukup pesat, tetapi sebagian besar kesulitan menggali potensi pasar, sehingga kondisi tersebut sangat dibutuhkan sebuah pasar yang bisa memberikan peluang untuk memasarkan hasil kerajinan dan makanan hasil karya masyarakat Kabupaten Agam.

Bupati Agam Indra Catri Dt Malako Nan Putiah dalam sambutan menyampaikan memiliki pasar yang hidup yang dibina dan dihidupkan oleh pedagang itu sendiri merupakan suatu yang sangat diharapkan bagi semua pihak terutamanya sejumlah industri kecil dan menengah (IKM), sehingga bisa menjadi pasar yang sangat ramai dikunjungi para pengunjung baik dari dalam maupun dari luar daerah, karena pasar yang sekarang diresmikan berada di tempat yang sangat strategis yaitu berada di jalan perlintasan Sumatera Barat menuju Riau. "Dalam pembukaan pasar ini penting bagi saya untuk hadir langsung karena dua hal yang sangat menarik perhatian saya yaitunya karena rindu dengan pengrajin dan petani yang ada di Kabupaten Agam, juga harapan yang besar untuk mendapatkan pasar dan galeri yang hidup karena jiwa dari pasar tersebut", ulasnya.

Menghidupkan pasar yang sudah lama mati memerlukan suatu energi yang sangat besar dan tenaga yang lebih, sehingga pasar yang sekarang diresmikan bisa berdiri dengan disambut banyak pengrajin industri menengah. Dilain pihak Ketua Harian Dekranasda Propinsi Sumatera Barat Ir Afriadi Laudin menyampaikan pengoperasian pasar yang diresmikan Bupati Agam merupakan suatu langkah maju untuk mengembangkan IKM yang ada di Kabupaten Agam, sehingga apa yang dilakukan ketua Dekranasda Kabupaten Agam patut dibanggakan karena sudah bisa memcarikan solusi yang sangat tepat bagi pengrajin dan UKM. (Humas Setda Kab. Agam)