Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, akan mengadakan latihan simulas penyelamatan diri terhadap bencana tsunami di Kecamatan Tanjung Mutiara denga..." /> Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, akan mengadakan latihan simulas penyelamatan diri terhadap bencana tsunami di Kecamatan Tanjung Mutiara denga..." />

Agam Segera Lakukan Simulasi Penangulanggan Bencana Tsunami

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, akan mengadakan latihan simulas penyelamatan diri terhadap bencana tsunami di Kecamatan Tanjung Mutiara dengan tujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi kemungkinan bencana ini.

"Agam memiliki pantai sepanjang 43 Km. dengan jumlah masyarakat yang tinggal di sepanjang daerah rawan tsunami sebanyak 1.500 kepala keluarga untuk dua nagari di Tiku Selatan dan  Tiku Utara," kata Kabid Penanggulangan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Agam Ediwar, Rabu (14/12).

Ediwar menambahkan, direncanakan acara simulasi ini akan diadakan pada 28 sampai 29 Desember 2011.

Menurutnya, Agam termasuk rawan bencana di Sumbar terutama lonsor, banjir dan letusan gunung merapi. Untuk itu, dalam memberi pengetahuan pada masyarakat, pihaknya berkerjasama dengan Komunitas Siaga Tsunami (KOGAMI), Mercy NGO, Lipi, Walhi dan LSM.

Namun, langkah lain yang tak kalah penting adalah melakukan kegiatan untuk mengurangi risiko pada masa sebelum bencana dengan latihan penyelamatan diri terhadap bencana terutama simulasi pada lima titik evakuasi yang akan di ikuti sebanyak 5.000 peserta nanti.

Kegiatan simulasi bencana ini tiap tahun terus dilakukan dan pihaknya terus turun kelapangan dalam menangani berbagai bencana yang terus melanda, hal tersebut mendapat respon positif dari kalangan masyarakat di daerah rawan bencana.

Sumber Bagian Humas Sekrtariat Daerah Kab. Agam