Kedepan Peningkatan Kualitas Pertanian Melalui Pendekatan Struktural dan Kultural

Bupati Agam Indra Catri Hadir Ditengah Rakyat Petani

Bupati Agam Indra Catri menghadiri kegiatan temu petani  "Akbar" se Sumatera Barat bertempat di Istana Rakyat, kelompok tani Selaras Alam Kenagarian Lasi Kecamatan Canduang, Agam, Minggu (11/12). Hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Sumatera Barat Ir. Jhoni, kepala dinas pertanian kabupaten kota se Sumatera Barat, para pakar pertanian, dan kelompok dunia pertanian se Sumatera Barat.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Sumatera Barat Ir. Jhoni, persoalan pertanian adalah permasalahan kita bersama. Banyak hal-hal yang mampu kita perbuat untuk pengayaan  ilmu teknologi pertanian. "Tinggal lagi bagi kita, mau atau tidakkah kita merubah sikap dan perilaku yang mengarah pada dunia pertanian yang berteknologi yang menjurus pada selera pasar," ujar putra Ampek Angkek itu.

Pendekatan struktural antara lain dengan melibatkan secara berjenjang jajaran pemerintah mulai dari pusat hingga daerah termasuk Walinagari dan akan selalu mengakomodir perkembangan tekhnologi modern dan tepat guna. Sedangkan pendekatankultural selain memanfaatkan kearifan lokal kita akan terus berdayakan tokoh-tokoh masyarakat, niniak mamak, alim ulama, cerdik pandai dan kekompok-kelompok tani.

Kondisi itu membutuhkan rasa kebersamaan dengan meningkatkan sharring antar pertanian dengan menanamkan nilai nilai kebaikan yang permanen melalui semaian bibit bibit pertanian seperti yang kita lakukan lewat program Agam menyemai. Pada sisi lain bupati juga mengingatkan, persoalan pupuk bagi petani merupakan persoalan yang tak perlu dipermasalahan sebab dunia pertanian kaya dengan ilmu terapan melalui pupuk organik. "Sudah saatnya kita bergerak kearah dunia pertanian organik, jangan sampai terperangkap dengan pupuk buatan dan pestisida," ujar Indra Catri. (Humas)