Dalam menghadapi tahun 2012 pemerintah Kabupaten Agam Komit untuk melakasanakan pengadaan yang baik, transparan dan professional agar dapat menghasilkan pengadaan yang ..." /> Dalam menghadapi tahun 2012 pemerintah Kabupaten Agam Komit untuk melakasanakan pengadaan yang baik, transparan dan professional agar dapat menghasilkan pengadaan yang ..." />

Bersungguh-sungguh Dalam Melaksanakan Sistim Pengadaan

Dalam menghadapi tahun 2012 pemerintah Kabupaten Agam Komit untuk melakasanakan pengadaan yang baik, transparan dan professional agar dapat menghasilkan pengadaan yang berkluatitas sesuai dengan kebutuhan.
Hal ini sejalan dengan pernyataan Bupati Agam Indra Catri yang kami wawancarai pada saat pembukaan Bintek barang dan Jasa baru-baru ini yang menyatakan “Kita bersungguh-sungguh melaksanakan sistim pengadaan yang baik, transparan dan professional. Dan kita mengharapkan ke 150 peserta Bintek tersebut lulus”, tegas Indra Catri  saat bertemu Tim dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Sementara itu Reflus dari LKPP menjelaskan bahwa keberadaan Tim dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) di Kabupaten Agam dalam rangka mengadakan Bintek Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan ujian Sertifikasi keahlian pengadaan barang/jasa pemerintah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Agam  melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dari tanggal 5 s/d 7 Desember 2011 lalu. Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang PPK/KPA dan Panitia/Pejabat Pengadaan dari seluruh SKPD termasuk Kecamatan.
Reflus menjelaskan bahwa “dengan diadakannya Bintek  pengadaan barang/jasa diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kapabilitas KPA/PPK dan Panitia/Pejabat Pengadaan dalam melaksanakan tugasnya. Sedangkan Sertifikasi keahlian pengadaan barang/jasa pemerintah ini bertujuan agar para pihak yang terlibat dalam pengadaan barang/jasa memiliki kompetensi melakukan pengadaan barang/jasa. Jadi bukan hanya sekedar untuk memahami Kepres dan Perpres saja”.
Bupati Agam Indra Catri yang pada kesempatan itu didampingi Asisten III, Kepala BKD dan Kabag. Adm Pembangunan pada saat bertemu dengan Tim dari LKPP tersebut juga meminta Bagian Administrasi Pembangunan dan SKPD lebih mempersiapkan pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara elektronik (e-procurement) untuk TA 2012. Sehingga paket-paket yang melalui LPSE lebih banyak lagi. Dengan Pengadaan barang/jasa secara elektronik melalui LPSE  merupakan upaya percepatan reformasi birokrasi untuk menciptakan tata kelola pemerintahan baik.

Pada kesempatan tersebut Kabag Adm Pembangunan Endri Melson menginformasikan bahwa LPSE telah dilaksanakan di Kabupaten Agam sejak tahun 2009. Untuk tahun 2011 ini jumlah paket yang dilelangkan berjumlah 22 Paket dengan nilai ± 23 Milyar, dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar, aman, akuntabel, transparan serta tanpa masalah.

Sumber Bagian Humas Sekretariat Daerah Kab. Agam