Camat dan masyarakat Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam, melakukan penanaman perdana berupa kacang kedele pada lahan Kelompok Tani Wanita Tani atau Dasawisma Melati ..." /> Camat dan masyarakat Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam, melakukan penanaman perdana berupa kacang kedele pada lahan Kelompok Tani Wanita Tani atau Dasawisma Melati ..." />

Kelompok Tani Dasawisma Kembangkan Kacang Kedele

Camat dan masyarakat Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam, melakukan penanaman perdana berupa kacang kedele pada lahan Kelompok Tani Wanita Tani atau Dasawisma Melati di Jorong Pasa Nagari Batu Kambing.

Camat Ampek Nagari Syahrul Hamidi pada kesempatan itu menyampaikan, warga diminta untuk memanfaatkan lahan kosong yang akan dijadikan lahan produktif dengan cara melakukan penanaman palawija dan menanam pohon mahoni, jeruk, jabon dan sukun.

Kemudian, kata dia, pihaknya meminta warga untuk jalin kebersamaan dalam kelompok yang bertujuan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Pada kesempatan itu, Ketua Kelompok Dasawisma Melati Nurhayati  manyampaikan, bahwa usaha yang dikembangkan tersebut berkat kerjasama yang dilakukan masyarakat dan hal tersebut dikerjakan dengan cara gotong royong satu kali dalam seminggu.

Lebih lanjut dia mengatakan, usaha pertanian yang dirintis oleh kelompok tani berupa kacang kedele yang mempunyai lahan sebesar setengan hektar dengan pola penanaman tumpang sari antara sayur-sayuran.

"Ini merupakan ajang sebagai silahturahmi antar anggota kelompok tani dan masyarakat setempat," katanya.
Ia berharap, kegiatan yang dilakukan ini ada pembinaan yang berkelanjutan oleh dinas terkait, sehingga masyarakat mengerti pola penanaman yang baik.

Sumber Bagian Humas Sekretariat Daerah Kab. Agam