Berkat kegigihan dalam mengajukan Perencanaan Investasi Jangka Menengah ke pusat, ahirnya pada tahun 2012 ini jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam berhas..." /> Berkat kegigihan dalam mengajukan Perencanaan Investasi Jangka Menengah ke pusat, ahirnya pada tahun 2012 ini jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam berhas..." />

Agam Mendapat Aliran Dana 8 Milyar Program Minapolitan

Berkat kegigihan dalam mengajukan Perencanaan Investasi Jangka Menengah ke pusat, ahirnya pada tahun 2012 ini jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam berhasil menggaet dana pusat sekitar 8 Milyar.

ni bukan pekerjaan mudah gampang, butuh keseriusan dan loby kita yang intensif ke kementerian terkait," ungkap Bupati Agam Indra Catri seusai menerima laporan dari Kadinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam Nurhayati Kham diruang kerjanya, Selasa (29/11).

Menurut bupati, kita akan lakukan apa saja untuk mendapatkan aliran dana dari pusat, sehingga percepatan untuk pengembangan dunia perikanan dan kelautan di Kabupaten Agam semakin menampakkan kemajuan yang signifikan.

Sementara itu Kadinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam Nurhayati Kham yang baru saja bertugas di Kabupaten Agammengatakan, akhir-akhir ini memang banyak terkuras waktunya di Jakarta untuk mendapatkan berbagai program-program yang bisa dibawa ke Agam.

" Alhamdulillah, kalau tidak ada perubahan pada tahun anggaran 2012 ini kita akan mendapatkan sarana pendukung untuk program minapolita senilai lebih kurang 8 Milyar," papar Nurhayati.

Lebih lanjut dijelaskan Hariyati, program tersebut meliputi saran pendukung rumah kemasan senilai 1 Milyar, sarana mesin pelet lima unit kapasitas Sepuluh ton perhari, dari Dirjen P2HP, serta satu unit eskavator mini senilai 1,6 Milyar untuk perluasan kolam dan reklamasi serta peningkatan produksi.

Selain itu, kita juga mendapatkan enam unit Keramba Jala Apung ramah lingkungan ukuran 7 x 7 meter dari dirjen Perkanan Budi Daya senilai 1,2 Milyar dan Insya Allah pada akhir tahun 2012 kita akan memiliki kapal penangkap ikan Tuna dengan kapasitas kapal ukuran besar.

Pada lain sisi Dinas Kelautan dan Perikanan untuk anggaran 2012 ini dialokasikan dana dalam APBD Agam sebesar 2 Milyar yang akan diperuntukan untuk menunjang program minapolitan, rumah kemasan, operasional eskavator, perkuatan kelembagaan di BBI,  peremajaan induk unit pembenihan rakyat serta peningkatan kapasitas.

Khusus untuk rumah kemasan, kita akan bekerja sama dengan rumah kemasan yang yang terdapat di Bandung serta dengan pihak perguruan tinggi Institut Tekhnologi Bandung, tukuk Nurhayati.

" Secara umum pada tahun 2012 ini dinas kelautan dan perikanan Agam memperoleh peningkatan dana DAK 1,3 Milyar, dari 3,5 Milyar tahun 2011 menjadi 4,8 Milyar pada tahun 2012 ini," pungkas Nurhayati sambil mengumbar senyum.

Sumber : Bagian Humas Sekretariat Daerah Kab. Agam