Peringatan Hari Menanam di Kecamatan Tanjung Raya ditandai dengan penanaman pohon pelindung di berbagai tempat di seputar Danau Maninjau. Kegiatan yang digelar pada har..." /> Peringatan Hari Menanam di Kecamatan Tanjung Raya ditandai dengan penanaman pohon pelindung di berbagai tempat di seputar Danau Maninjau. Kegiatan yang digelar pada har..." />

Hari Menanam, Kecamatan Tanjung Raya Tanam Pohon Pelindung

Peringatan Hari Menanam di Kecamatan Tanjung Raya ditandai dengan penanaman pohon pelindung di berbagai tempat di seputar Danau Maninjau. Kegiatan yang digelar pada hari Senin, 28 November 2011 tersebut dilakukan oleh jajaran TNI dan Kelompok Tani.

Pada kegiatan dimaksud sebanyak 200 batang trembesi, 50 batang sengon, dan 50 batang mahoni ditanam dibeberapa tempat diseputar Danau Maninjuau, diantaranya di ruas jalan propinsi di Nagari Koto Kaciak, dan ruas jalan Kabupaten di Jorong Kapalo Koto dan Kampung Jambu Nagari Bayur.

Danramil Tanjung Raya Janwarman mengatakan, kegiatan ini secara serempak kita lakukan bersama kelompok tani, dengan harapan membudayanya dikalangan masyarakat untuk menanam sesuai dengan program startegis Bupati Agam yakni Agam Menyemai, dan memberi manfaat kepada masyarakat terutama perlindungan terhadap kawasan rentan bencana, serta manfaat keindahan kawasan wisata Danau Maninjau.

Lebih lanjut menurut Janwarman, ini baru kegiatan awal dan akan kita tindak lanjuti di nagari-nagari lainnya. Sementara Kepala UPT BP4K2P Tanjung Raya Jaswir SP meminta kepada semua Kelompok Tani untuk berpartispasi menanam pohon pelindung ini, dengan terlebih dahulu menyiapkan lobang untuk lokasi penanaman pohon.

Kegiatan ini diawali dengan menanam pohon oleh Camat Tanjung Raya Syatria, S.Sos, M.Si, dan diikuti oleh Muspika dan Instansi Kecamatan secara simbolis, kemudian dilanjutkan oleh Kelompok Tani setempat.

Camat dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kita sudah meminta Walinagari dan kelompok tani untuk melakukan penanaman dengan mengutamakan dipinggir jalan propinsi dan kabupaten, dengan harapan hingga akhir tahun ini sudah tertanam disetiap ruas jalan, terutama jalan propinsi sebagai pendukung keindahan daerah wisata katanya mengakhiri.

Sumber : Bagian Humas Sekretariat Daerah Kab. Agam