Liputan Khusus MTQ ke-34 di Dharmasraya

Kesehatan Kafilah Agam Terus Dipantau,
Tim Medis Secara Rutin Kunjungi Pemondokan Kafilah.

Untuk menjaga kesehatan kafilah yang sedang berjuang mengangkat nama baik Kabupaten Agam di ajang MTQ Nasional ke 34 tingkat Provinsi Sumatera Barat di Dharmasraya, Tim kesehatan intensif melakukan survey keliling di setiap pemondokan kafilah Agam. Hal ini dilakukan setiap hari oleh dua tim kesehatan yang terdiri dari  dua orang dokter dan para medis dengan dilengkapi dengan obat-obatan.

"Kita selalu melakukan keliling pada setiap pemondokan untuk memeriksa para kafilah Kabupaten Agam yang sedang berlaga, Kata salah seorang Dokter yang termasuk dalam tim medis dr Rahmat Try H yang sedang berada di lapangan. Sabtu (26/11). Dia menambahkan, pemerikasaan rutin yang dilakukan tersebut merupakan sudah menjadi tugas rutin yang harus dikerjakan setiap hari, guna menghindari para peserta jatuh sakik nantinya
 
"Alhamdulillah sampai saat ini kafilah berada dalam keadaan sehat dan tidak ada yang menderita sakit, karena semua kafilah sudah menjaga kesehatan nya sesuai yang disarankan tim medis" ulasnya.

Disinggung dengan potensi penyakit yang harus diwaspadai dipemondokan, dr Rahmat menyampaikan, gangguan pernafasan, diare, serta batuk. Untuk mengatasinya disarankan kafilah banyak minum air putih dan jangan makan-makanan yang banyak mengandung minyak serta makanan yang bisa meransang asam lambung. Pemondokan Kafilah Kabupaten Agam pada MTQ Nasional ke 34 tingkat Provinsi Sumatera Barat terbagi di beberapa tempat yaitunya Koto Gadang Sungai Dareh merupakan Posko utama, Sitiung, Tiuman, Koto Baru, Sungai Rumbai.


Kesibukan Warnai Pemondokan Kafilah Agam, Pelatih, Official dan Peserta Menyatu Untuk Meraih Prestasi terbaik.

Untuk meningkatkan prestasi Kabupaten Agam di ajang MTQ Nasional ke 34 tingkat Provinsi Sumatera Barat, Para Kafilah giat melakukan latihan di Pemondokan. Hal ini terlihat di setiap malam dan sore para kafilah berlatih dengan giat dan ada juga yang berdiskusi cara pembacaan dan terjemahan kitab.

Salah seorang offisial Ermawati S.Pd mengatakan kafilah harus berlatih dengan giat untuk melakukan latihan supaya bisa menang dalam babak penyisihan sehingga bisa meningkatkan prestasi Agam di Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Kesibukan sana-sini begitu terlihat, yang merupakan suatu bentuk keseriusan dari para kafilah, offisial dan para pelatih pada ajang MTQ kali ini. Dia berharap Kabupaten Agam untuk musim ini bisa meningkatkan prestasinya dari musim lalu, sehingga Kabupaten Agam akan perhitungkan juga di tingkat provinsi Sumatera Barat.


Pemondokan Kafilah Ramai Dikunjungi Kepala SKPD

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Dr Indra Rusli meninjau pemondokan para Kafilah yang berlomba di MTQ Nasional ke 34 tingkat Provinsi Sumatera Barat di Dharmasraya. Sabtu (26/11). Saat kunjungan tersebut terlihat beberapa Kepala Bidang yang ikut dalam kunjunganm tersebut dengan membawa beberapa obat tambahan yang akan di berikan pada petugas kesehatan yang sedang bertugas untuk memantau kesehatan kafilah.

Indra menyampaikan kepada seluruh kafilah, supaya rajin berlatih serta tingkatkan percaya diri disaat berlomba, hilangkan rasa takut, sehingga mampu meraih yang terbaik nantinya. Selain itu jaga kesehatan supaya pada saat pertandingan para kafilah selalu berada dalam kondisi yang prima, sehingga semua kegiatan pertandingan bisa diikuti oleh semua kafilah. Dia juga menambahkan, supaya para kafilah banyak minum air putih, dan menghidari makanan yang mengandung lemak tinggi, pedas dan yang makanan yang bisa meransang asam lambung, karena itu akan mengganggu pencernaaan bagi kafilah.

Selain mengunjungi Posko utama kafilah Kabupaten Agam juga mengunjungi pemondokan yang ada di Tiuman, Koto Baru, Sitiung, Sungai Rumbai dan terakhir menyaksikan penampilan kafilah yang berlaga di Arena Utama. Selain itu juga sudah terlihat beberapa camat yang ada di Kabupaten Agam sudah mengunjungi kafilah yang sedang berlaga dan memberikan suport sekaligus membawa buah tangan untuk kafilah sebagai ucapan terima kasih telah membela Kabupaten Agam.

Kehadiran Sekda Syafirman Picu Semangat Kafilah

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Syafirman meninjau pemondokan para Kafilah yang berlomba di MTQ Nasional ke 34 tingkat Provinsi Sumatera Barat di Dharmasraya. Sabtu (26/11). Saat kunjungan tersebut terlihat beberapa Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Maryanis, Kepala Dinas Catatan Sipil Fauzir dan beberapa kepala bidang dengan membawa oleh-oleh yang diberikan kepada kafilah. Syafirman menyampaikan kepada seluruh kafilah yang ada supaya rajin berlatih serta tingkatkan percaya diri disaat diatas mimbar, supaya tidak ada rasa takut, sehingga apa yang menjadi dambaan kita untuk meraih prestasi terbaik mampu kita raih.

Selain mengunjungi Posko utama Kabupaten Agam, sekda juga mengunjungi pemondokan yang ada di Tiuman, Koto Baru, Sitiung, Sungai Rumbai dan terakhir menyaksikan penampilan kafilah yang berlaga di arena utama. Direncanakan malam ini Sekretaris Daerah Kabupaten Agam dan beberapa rombongan akan mendengarkan langsung pembacaan pengumuman para kafilah yang akan masuk final. (Humas)