Staf ahli Bupati Agam: Energy Sosial Merupakan Aset Paling Mahal

Perantau Jorong Cicawan Peduli Membangun Kampuang.

Staf Ahli Bupati Agam Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan SDM Kabupaten Agam Ir Andry mengatakan, aset paling mahal merupakan energy sosial untuk membangun daerah, karena APBD daerah setempat tidak mencukupi untuk pembangunan infrastruktur. "Hal ini sangat berpengaruh terhadap pembangunan Kabupaten Agam mendatang, karena tanpa bantuan masyarakat dan perantau, maka pembangunan ini tidak berjalan dengan baik," kata Andry pada acara peresmian gedung MDA Paninjauan dan persemian Polindes yang dibangun mengunakan dana PMPN serta Pansimas, di Halaman MDA Paninjauan Nagari Paninjau Kecamatan Tanjung Raya.

Selain itu, pihaknya juga  mengajak masyarakat untuk mewujudkan dengan optimal visi Bupati Agam yang ingin menjadikan Agam yang alami serta kepedulian perantau membangun kampung halaman. Ini merupakan salah satu ciri masyarakat Minangkabau, hal ini pulalah yang sering dihimbau Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, agar masyarakat dan perantau Agam mempertahankan terus kepedulian terhadap kampung halaman,
Sementara itu Camat Tanjung Raya Syatri, S.Sos, M.Si menambahkan, pembangunan gedung MDA yang terdiri dari empat lokal berikut mobiler merupakan bantuan dari perantau Cicawan Abrar.

Pembangunan gedung baru tersebut sebagai wujud kepedulian beliau menyediakan sarana pendidikan agama bagi anak nagari Paninjauan umumnya dan Jorong Cicawan khususnya. Sebagai wujud syukur, maka masyarakat setempat mengadakan doa bersama, sekaligus pada momen tersebut  diresmikan Polindes yang dibangun dengan dana PMPN serta Pamsimas.

Tokoh masyarakat A. Kali Mudo menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah membangun Nagari Paninjauan ini dan dalam sambutannya mengharapkan Polindes tersebut dapat segera ditempati oleh Bidan sebagai pelaksana pelayanan kesehatan kepada masyarakat serta meminta kepada masayakat untuk mengisi kegiatan keagamaan di MDA ini termasuk di Mesjid Cicawan.

Acara peresmian ini ditutup dengan Tabligh Akbar yang disampaikan oleh Ustad Syofyan Jain dan ustad dalam ceramahnya mengajak masyarakat untuk memelihara fasilitas ini dengan baik, dan mari tingkatkan kepedulian membangun dengan menyisihkan sebagian pendapatan untuk sadaqah dan infak. (Humas)