APBD Agam 2012 Mengalami Kenaikan Signifikan

Terjadi Lonjakan Tajam dari 620 M Menjadi 720 M

Rancangan Peraturan Daerah mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Agam tahun 2012 ditetapkan dalam rapat paripurna DPRD Agam, Rabu   (23/11) bertempat di aula utama DPRD Agam. Secara marathon, perwakilan dari fraksi yang ada dilingkungan dewan menyampaikan pandangan akhirnya mengenai APBD Agam 2012 yang diawali dari Fraksi Partai Demokrat yang disampaikan Fauzi, Fraksi Partai Golkar oleh Arman J Piliang, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera oleh Guswardi.
Selain itu, Fraksi Partai Amanat Nasional disampaikan Hj. Prisma Hasni, Fraksi PPP plus yang disampaikan Yosiano Moekhtar dan Fraksi Partai Bulan Bintang Dt. Panduko Reno.

Secara umum seluruh fraksi dapat menyetujui RAPBD menjadi Peraturan Daerah APBD Kabupaten Agam 2012 dengan beberapa saran dan masukan untuk kemajuan masyarakat Agam pada masa mendatang.

Dalam Rancangan APBD 2012 berdasarkan data yang disampaikan Bappeda  Agam, terjadi lonjakan yang cukup tajam, dari 620 Miliyar pada 2011 naik menjadi 891 Miliyar ditahun 2012. Untuk mendapatkan kenaikan angka tersebut tentunya membutuhkan kerja keras Bupati Agam beserta jajaran sekaligus dengan anggota DPRD Agam.

Untuk Dana Alokasi Umum (DAU) mengalami peningkatan dari Rp490 milyar menjadi Rp555 milyar, sementara Dana Alokasi Khusus (DAK) juga terjadi peningkatan dari Rp49 milyar 2011 menjadi Rp75 milyar ditahun 2012 sementara itu Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp37 milyar, Bantuan Dana Hibah Rp21 milyar masih sama dengan tahun sebelumnya

Usai sidang paripurna Bupati Agam disela-sela kesibukannya menyampaikan arah kebijakan APBD yang disepakati itu bermuara pada peningkatan pembangunan yang diproritaskan pada bidang Mitigasi Bencana, Infrastruktur Kewilayahan, Peningkatan Infrastruktur, Kesehatan dan Pendidikan, Penguatan Pemerintah Nagari, Peningkatan Infrastruktur Ekonomi, serta peningkatan kualitas keagamaan dan sektor lainnya. "Kita tetap memiliki komitmen, bahwa APBD 2012 mampu kita aplikasikan untuk peningkatan taraf perekonomian masyarakat dan tetap berpihak kepada rakyat," ujar Indra Catri sambil berlalu. (Humas)