Wujudkan Satu Paud Tiap Jorong Berintegrasikan Dengan Posyandu

Program Satu Jorong  PAUD Terwujud di Nagari Paninjauan Kecamatan Ranjung Raya Kab.Agam.

Masyarakat diajak untuk mewujudkan program satu jorong satu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Agam dan diintegrasikan dengan Posyandu yang ada, sehingga kegiatan ini bisa sejalan. Hal itu diungkapkan Bunda PAUD Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri saat acara penilaian program Kesatuan Gerak PKK KB Kes tingkat Kabupaten Agam di MDA Paninjauan Nagari Paninjauan Kecamatan Tanjung Raya.

Dalam kesempatan itu Ketua TP PKK Nagari Paninjauan Ny. Wid Novrizal menyampaikan dalam eksposnya, Nagari Paninjauan  Kecamatan Tanjung Raya yang baru berusia enam tahun, selangkah lagi melakukan terobosan dengan merealisasikan program satu jorong satu PAUD. Sehingga nagari yang terdiri dari empat jorong tersebut telah memiliki PAUD, jorong tersebut yakni Jorong Paninjauan, Cicawan dan Pauah

Pada kesempatan yang sama Kepala Puskesmas Pasar Ahad Ns Defri, S.Kep menambahkan, bahwa Posyandu terintegrasi PAUD juga telah meningkat stratanya dari Posyandu Purnama menjadi Posyandu Mandiri, ini suatu indikator yang membanggakan dalam penilaian GK PKK KB Kes, semoga peningkatan strata ini juga meningkatkan kualitas pelayanan posyandu.

Walinagari Paninjauan Novrizal menyampaikan bahwa dipusatkannya kegiatan GK PKK KB Kes di Nagari Paninjauan ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama kelompok dasawisma sebagai ujung tombak PKK dalam menjalankan programnya, seperti penanaman lahan pekarangan dengan tanaman bermanfaat bagi keluarga, baik untuk kebutuhan rumah tangga, maupun peningkatan ekonomi keluarga.

Demikian juga dengan kunjungan masyarakat ke posyandu juga meningkat, seiring dengan peningkatan pelayanan kesehatan dan KB yang diberikan petugas kepada masyarakat.

Kegiatan ini juga memancing swadaya masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyediaaan ambulan desa berupa satu kendaraan bermotor roda empat, delapan kendaraan bermotor roda dua, dan satu becak, serta adanya pendonor darah sukarela lengkap dengan golongan darah yang tersedia.

Dukungan masyarakat juga diperlihatkan dengan kepedulian pimpinan lembaga-lembaga nagari seperti BAMUS Nagari, KAN, LPMN, dan lembaga kemasyarakatan lainnya dalam setiap momen kegiatan, baik lomba PKK KB Kes tahap 16 besar dan tahap empat besar, serta pada acara penilaian P2WKSS  tanggal 15 November 2011, dimana Nagari Paninjauan mewakili Kabupaten Agam pada lomba P2WKSS pada tingkat Propinsi Sumatera Barat. (Humas)