Pemkab Agam Alokasikan Dana 1,7 M Untuk Program KBR

Sebanyak 1,5 juta Bibit Tanaman Akan Ditebar Pada 31 Kelompom Tani.

Sekitar 31 kelompok Tani yang ada di Kabupaten Agam tahun 2011 ini mendapat Pembibitan Bibit Kebun Rakyat (KBR) Bibit yang kan di bibitkan kelompok itu tergantung kepada anggota kelompok yang meminta atau bibit yang di butuhkan.

Sebab setiap kelompok itu berbeda bibit yang mereka butuhkan,itu tergantung kepada Kecamatan,kalau misalnya di Kecamatan Palembayan banyak yang meminta kayu-kayuan. Namun dalam protaknya sudah jelas yang penting itu kayu-kayuan hanya 60 persen dan MPTS 40 persen.

Hal itu dikatakan Kabid Kehutanan Afniwirman, ketika dikompirmasi Reporter ini Selasa (22/11) diruang kerjanya,mengatakan bahwa untuk KBR tahun 2011 ini Kabupaten Agam nedapat sekitar 30  kelompok. Dimana setiap kelompok itu mendapatkan sekitar 50 ribu batang bibit yang terdiri dari berbagai jenisnya.

Sementara,bibit yang kan di berikan kepada kelompok itu sesuai dengan kebutuhan di daerah nya masing-masing. Misalnya untuk daerah Palembayan kelompok itu banyak minta kayua-kayuan berbeda dengan Kecamatan lain yakni banyak meminta bibit cengkeh.

Dananya kata Afwirman,dianggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Benlanda Negara tahun 2011. Dimana masing masing kelompok itu mendapat bantuan dananya sebesar Rp 54.690.000, untuk biaya pembelian bibit dan kantong palstiknya (polibeg) kata Kabid kehutannan itu.

Lanjut Afniwirman, kalau kita totalkan keseluruhnya,anggaran yang untuk KBR tahun 2011 untuk Kabupaten Agam mencapai Rp 1.695.390.000. Dimana untuk penyaluran dana nya diberikan lansung oleh  Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai Agam Kuantan, kepada rekening masing masing kelompok.

Untuk transper dana itu dilakukan oleh Agam Kuantan itu hanya tiga kali pengiriman,kepada kelompok dan tidak melalui Dinas Kehutan dan Perkebunan Kabupaten Agam ujarnya. (Humas)