Perangkat Daerah Ikuti TOT Pengurangan Resiko Bencana Wilayah Sumbar

Memberikan Banyak Pencerahan Dalam Pengurangan Resiko Bencana

Wali Nagari Tanjung Sani, Tagana, tokoh masyarakat dan Dinas Sosial Tenaga dan Kerja Kab Agam, mengikuti Training of Trainers tentang kegiatan pengurangan resiko bencana wilayah Sumatera Barat dan Bengkulu di LPP Garden Hotel Yogyakarta selama empat hari mulai dari Senin s/d Kamis 14-17 November 2011.

Wali Nagari Tanjung Sani Yefri  pada Reporter Agam Media Center (AMC) mengatakan, kegiatan tersebut dapat memberikan banyak pencerahan dalam pengurangan resiko bencana. Kata dia, kegiatan ini merupakan kerjasama Kementerian Sosial RI bersama Pasca Sarjana UGM Yogyakarta, diikuti oleh empat provinsi yakni Provinsi Sumatera Barat, Bengkulu, Jawa Barat dan DI Yogyakarta.

"Untuk Sumatera Barat sendiri sebanyak tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Agam, Padang Pariaman dan Solok," tambahnya. Sebagai dimana diketahui, bahwa Indonesia terletak pada lempeng aktif yang sering disebut sebagai “Ring Of Fire” yang sangat rawan terhadap bencana gempa bumi, apalagi tiga daerah ini terletak pada patahan semangka .

Untuk mengurangi resiko bencana ini, masyarakat harus disiapkan dalam menghadapinya, mulai dari pra bencana, disaat terjadinya bencana dan pasca bencana itu sendiri. Untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat salah satu nya melalui program kampung siaga bencana.

Kampung siaga bencana merupakan program Kementerian Sosial RI berdasarkan pada Permensos 128 Tahun 2011 tentang kampung siaga bencana. Program ini secara sederhananya untuk mendidik masyarakat agar siap saat datangnya bencana.

Pada tahapannya masyarakat diminta untuk membuat peta daerahnya sendiri, menentukan jalur evakuasi, serta menetapkan standar operasianal dan prosedur sederhana, sehingga masing-masing orang  mengetahui apa yang akan mereka lakukan ketika terjadi bencana.

Dengan program ini diharapkan resiko bencana dapat diminimalisir sekecil mungkin, tertolongnya korban bencana secepat mungkin sebelum datangnya bantuan dari luar. (Humas)