Program Konservasi Bermanfaat Bagi Masyarakat

Sekitar Satu Juta Bibit Ikan dan Pohon Disemaikan Bupati Agam Indra Catri. Kerapatan Adat Nagari (KAN) Garagahan Kecamatan Lubukbasung Kabupaten Agam, menilai bahwa program konservasi terhadap  tumbuhan dan ikan  dilakukan Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, sangat berdampak terhadap sektor ekomoni masyarakat.

Hal ini diungkapkan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Geragahan Kecamatan Lubuk Basung Mulyadi Dt. Siaga pada Reporter Agam Media Center (AMC), Rabu (16/11). Menurut dia, program yang telah dilakukan ini sangat menyentuh pada sendi-sendi ekonomi masyarakat dengan penyemaian bibit ikan dan tanaman yang dilakukan semenjak bupati dilantik satu tahun lalu.

"Dari data yang kami peroleh sudah sekitar jutaan bibit pohon dan ikan jenis nila, mas, koi dan lele yang diserahkan pada masyarakat," tambahnya.

Selain itu, program yang juga telah dilakukan yakni, thaharah Mesjid, WC bersih, maghrib mengaji, festival ramadhan, Agam menyemai dan iklas berzakat sangat bermamfaat bagi masyarakat.

"Allhamdullilah, program ini sesuai dengan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK),' katanya.

Kata dia, program ini berdampak terhadap bagi generasi muda untuk pembinaan dengan pengajian-pengajian yang dilaksanakan di waktu maghrib, tentu dengan usaha bersama dan didukung oleh semua elemen masyarakat


Untuk mendukung semua program ini, pihaknya berharap kepada Pemkab. Agam untuk melakukan pembangunan pada fasilitas umum seperti jalan dan jembatan disetiap daerah khususnya Nagari Garagahan. (Humas)