Kecamatan Terus Berikan Pembinaan dan Stimulasi Perpustakaan

Untuk mensukseskan program "Gemar Membaca" Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Agam berikan pembinaan dan stimulasi perpustakaan yang ada di Nagari, baik perpustakaan umum, khusus, masyarakat dan perpustakaan sekolah.

 

Pembinaan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan layanan mobil perpustakaan keliling, di empat Kecamatan, diantaranya Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Raya, IV Koto, dan Kecamatan Kamang Magek. Di empat Kecamatan tersebut saat ini terdapat enam unit perpustakaan di Nagari yang dibina oleh kantor arsip dan perpustakaan Agam.

Kepala kantor Arsip dan Perpustakaan Agam, Drs. Jamasri mengatakan, tujuan pembinaan ini dilakukan, agar perpustakaan yang ada di tiap Kecamatan tersebut, dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber informasi sehingga, keberadaanya dapat menimbulakan minat dan budaya baca bagi masyarakat.
Dengan membaca, akan menambah wawasan dan pengetahuan seseorang, oleh karena itu kita ingin mendorong minat baca di masyarakat," kata Kepala Kantor Arsip dan Per­pustakaan Daerah Kabupaten Agam, Drs. Jamasri di Lubuk Basung, jumat (28/10).
"Untuk Program Kegiatan yang telah dilaksanakan Pada Dinas ini, telah berjalan sekitar 82 persen pada akhir September 2011, Pihaknya berharap kegiatan dan program yang dijalankan dapat terealisasi 100 persen pada akhir tahun anggaran ini", ujarnya
Pihaknya juga saat ini terus mengembangkan pengadaan dan pembinaan perpustakaan Nagari yang baru Terkait penambahan jumlah Perpustakaan Desa di Kabupaten Agam, Jamasri menghimbau kepada Nagari yang Nagarinya belum memiliki perpustakaan agar segera menyediakan tempat yang bisa digunakan sebagai perpustakaan.
Sehingga, program gemar membaca digelar karena didukung dengan banyaknya jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan daerah setiap harinya. Rata-rata sehari jumlah pengunjung yang datang 70 hingga 100 orang. untuk itu fokus kegiatan ini adalah menggalangkan gemar membaca, Dengan gemar membaca, akan membuka kunci menjadi SDM yang berkualitas," ujar Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam.
Sementara itu, pihaknya akan memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya anak sekolah, agar mau datang ke perpustakaan tanpa paksaan. Apalagi Dengan membaca akan menambah wawasan dan pengetahuan seseorang, oleh karena itu kita ingin mendorong minat baca di masyarakat," katanya
Untuk mendukung pelaksanaan program "Gemar membaca" pihaknya melakukan berbagai upaya diantaranya menambah jumlah koleksi buku yang ada di perpustakaan daerah, mengoptimalkan layanan mobil per­pustakaan keliling dan melengkapi fasilitas sarana prasarana di Perpustakaan milik daerah tersebut agar lebih nyaman bagi pengunjung.
sumber : Bagian HUMAS Sekretariat Daerah Kab. Agam