Raih Penghargaan MURI pada Peringatan Perang kamang 103

Walinagari Kamang Hilir, Mastur St. majo Lelo menerima Penghargaan MURI "Penyajian 1908 Limpiang Bugih Kamang pada Peringatan Perang Kamang ke 103, Rabu (15/6). Penghargaan serupa juga diterima oleh Ketua Panitia Peringatan Perang Kamang, Doni St Pangulu dan Ketua TP-PKK Nagari Kamang Hilir, Hj. Husna. Jumlah 1908 diambil dari angka tahun meletusnya Perang Kamang yaitu perlawanan masyarakat Kamang melawan Belanda.

 

Peringatan Perang Kamang untuk tahun ini diperingati sangat meriah oleh masyarakat Kecamatan Kamang Magek, khususnya masyarakat Nagari Kamang Hilir. Peringatan diawali dengan pelaksanaan Upacara Bendera, dimana Inspektur Upacara adalah Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Propinsi Sumatera Barat. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi pencatatan Rekor MURI "Penyajian 1908 Limpiang Bugih Kamang" dan dilanjutkan dengan makan bajamba 1001 jamba di rumah gadang milik Hj. Hadjisyah dan dibawah tenda besar yang dihadiri oleh ribuan masyarakat, baik masyarakat Kecamatan Kamang Magek maupun luar Kamang Magek dan dari perantau.

 

Pada acara ini juga diserahkan bantuan 5000 batang bibit durian dan 25.000 ekor bibit ikan nila untuk masyarakat oleh Bupati Agam, Indra Catri.

 

Acara dilanjutkan dengan ziarah ke Makam Pahlawan Perang Kamang di Taluak Nagari Kamang Hilir, Makam Pahlawan Dt. Parpatiah Nan Sabatang di Nagari Magek, Makam Pahlawan H. Abdul Manan dan Makam Pahlawan Tuanku Nan Renceh di Nagari Kamang Mudiak.

 

RA