Untuk mendukung Operasi Pangan Riau Makmur (OPRM) Tahun 2011, UPT Pelatihan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau melakukan kunjungan Praktek Kerja Lapang..." /> Untuk mendukung Operasi Pangan Riau Makmur (OPRM) Tahun 2011, UPT Pelatihan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau melakukan kunjungan Praktek Kerja Lapang..." />

Kecamatan Kamang Magek Dikunjungi UPT Pelatihan Provinsi Riau

Untuk mendukung Operasi Pangan Riau Makmur (OPRM) Tahun 2011, UPT Pelatihan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau melakukan kunjungan Praktek Kerja Lapangan ke Kecamatan Kamang Magek, Jum'at (29/04).

 

Praktek Kerja Lapangan ini diikuti oleh 28 orang peserta PKL Diklat Pengembangan Tanaman Padi IP100-IP200 bagi petugas/penyuluh yang berasal dari 9 Kabupaten di Provinsi Riau. Peserta terdiri dari 6 orang Petugas UPT Pelatihan dan 22 orang penyuluh lapangan kecamatan.

 

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini dibuka oleh Kepala BP4K2P Kabupaten Agam yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Ir. Irwansyaf, MM di Kantor Kelompok Tani Holtikultura "Mekar Sari" Nagari Kamang Hilir Kecamatan Kamang Magek. Acara ini juga di hadiri oleh Camat Kamang Magek, Walinagari Kamang Hilir Mastur St. Majo Lelo, Kepala UPTD BP4K2P Kecamatan Kamang Magek Bakhrizal, S.Sos beserta staf, Walijorong serta Pengurus dan Anggota Kelompok Tani Mekar Sari.

 

"Tujuan PKL ini menginginkan adanya masukan-masukan tentang teknik-teknik pertanian, karena Sumatera Barat terkenal akan keberhasilan pertaniannya, serta juga bisa membawa nilai tambah dalam program yang sedang di galakkan di Provinsi Riau yaitu Program Operasi Pangan Riau Makmur (OPRM)" ungkap Kepala UPT Pelatihan Provinsi Riau pada sambutannya. Sedangkan Ir. Irwansyaf, MM berharap "Dengan diadakan kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk saling tukar ilmu dan informasi antara Kabupaten Agam dengan Provinsi Riau". Hal senada juga disampaikan Camat Kamang Magek "Selain mempererat tali silaturrahmi, kegiatan ini bisa memberikan manfaat besar bagi para petani melalui peserta yang hadir saat in".

 

Setelah acara pembukaan, acara dilanjutkan dengan pelatihan teknis kepada peserta oleh Kepala UPTD BP4K2P Kecamatan Kamang Magek mengenai Teknik Budidaya Padi Sawah Irigasi dan Tadah Hujan, Pengelolaan Pengairan Tanaman Padi Sistem Basah Kering, Teknik Panen dan Pasca Panen serta Sistim Pemasaran Padi. Untuk pemantapan materi, dilajutkan dengan kunjungan lapangan antara lain ke Irigasi Sadar Makmur di Jorong Joho Nagari Kamang Hilir, sawah tadah hujan di Jorong Halalang Nagari Kamang Mudiak dan sawah dengan sistem basah kering di Jorong Guguak Pincuran Nagari Magek.