Sabet 5 Penghargaan, PKK Agam Raih Juara Umum ke-6 Kali Lomba HKG PKK Tingkat Provinsi

AMCNews.co.id — Tak henti-hentinya prestasi terus ditorehkan TP-PKK Kabupaten Agam diberbagai ajang perlombaan. Kali ini, TP-PKK Agam kembali meraih juara umum dalam perlombaan serangkaian Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 tingkat Provinsi Sumbar.

Hal ini menunjukkan bahwa PKK Kabupaten Agam bertekad untuk lebih maju dan terdepan dalam mensukseskan pembangunan di daerahnya.

Pada kesempatan itu, penghargaan diterima langsung oleh Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri-Ny. Candra Trinda Farhan, dari Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno, saat acara Peringatan HKG PKK ke-47 dan Peringatan Hari Kartini tingkat Provinsi Sumbar, Senin (22/4) di Gubernuran Sumbar, Padang.

Hadir pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, unsur Forkopimda Provinsi Sumbar, Kepala OPD terkait serta Ketua TP-PKK kabupaten/kota se-Sumbar.

Keberhasilan TP-PKK Agam sebagai juara umum tahun ini merupakan kali ke-enam, pasalnya nyaris setiap tahun sejak 2012 meraih juara umum, diantaranya tahun 2012, 2013, 2014, 2017, 2018 dan 2019.

Pada perlombaan kali ini, TP-PKK Kabupaten Agam memenangi seluruh kategori perlombaan yang digelar TP-PKK Provinsi Sumbar, ditambah satu kategori lomba PKK KB Kesehatan. Juara satu lomba PKK KB Kesehatan, Kabupaten Agam juga berhasil meraih juara 1 kategori kegiatan Posyandu di Nagari Lambah Kecamatan IV Angkek.

Jenis lomba yang dimenangkan TP-PKK Agam pada HKG PKK 2019, diantaranya, juara 1 lomba tertib administasi PKK Nagari Balai Gurah Kecamatan IV Angkek, juara 1 lomba pola asuh anak dan remaja (PAAR) Nagari Parik Panjang Kecamatan Matur, juara 1 lomba UP2K Nagari Duo Koto Tanjung Raya, juara 2 lomba IVA Test Kecamatan Tanjung Mutiara, dan harapan 3 lomba Hatinya PKK di Nagari Batu Kambing Kecamatan Ampek Nagari.

Atas prestasi itu, melalui AMCNews.co.id, Ketua TP PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas keberhasilan yang dicapai kader PKK karena usaha dan kerjakeras dalam melaksanakan 10 program pokok PKK.

“Tampil kembali meraih sebagai juara umum bukanlah tujuan utama TP PKK Agam, melainkan bagaimana kita mampu memberikan pembinaan-pembinaan kepada kader PKK dari bawah untuk bisa berani tampil dan bersaing di tingkat provinsi. Alhamdulillah, usaha tidak membohongi hasil, kita bisa mempertahankan juara umum ke enam kalinya,” ujat Ny. Vita.

Menurut Ny. Vita keberhasilan tersebut juga tidak lepas dari dukungan moril maupun materil Pemerintah Kabupaten Agam dalam melaksanakan program-program PKK.

Lebih jauh, kepada kader PKK, Ny. Vita mengimbau untuk tidak cepat merasa puas dengan capaian yang telah didapat saat ini. Ia meminta para kader jangan terlalu ueforia dalam menyambut kemenangan tersebut, karena masih ada tahapan lebih tinggi yang akan dihadapai yaitu, bersaing kembali di tingkat nasional.

“Tertaplah tawadu’ dan persiapkan diri untuk bisa bersaing ditingkat nasional nanti,” pinta Ny. Vita.

Terkait hal itu, Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno, mengharapkan agar kegiatan HKG PKK bukanlah kegiatan rutin seremoni saja, namun kemeriahan tersebut haruslah menimbulkan semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah PKK.

“Semangat itu harus senantiasa dimiliki setiap kader, karena sebagai mitra pemerintah harus mampu menjadi pelopor keberhasilan pembangunan terutama bidang pemberdayaan perempuan,” pintanya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, mengatakan PKK sebagai organisasi perempuan memiliki peranan penting dalam memajukan pembangunan daerah, terutama memajukan kemandirian kaum perempuan di tengah-tengah masyarakat.

“Ibu-ibu PKK double gardan bagi pemerintah dalam menggerakkan roda pemerintahan. Mustahil keberhasilan kepala daerah tanpa didukung peranan PKK.

Oleh sebab itu, saya berharap sinergisitas ini tetap terbangun sehingga bisa terlaksananya proses pembangunan yang berkelanjutan di setiap daerah,” tukas gubernur. (AMC06)