Sebanyak 55 Relawan Demoklrasi Dilatih KPU Agam

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, berikan pelatihan materi tentang pemilu pada relawan demokrasi agar lebih maksimal memberikan sosialisasi di lapangan.
Pelatihan diikuti 55 relawan demokrasi selama dua hari di Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung, Senin dan Selasa (21-22/1).
Ketua KPU Agam, Riko Antoni di Lubuk Basung, Selasa (22/1) mengatakan, melalui pelatihan ini diharapkan relawan demokrasi lebih maksimal berikan sosialisasi terkait pemilu di tengah-tengah masyarakat.
Dalam hal ini, pihaknya mendatangkan beberapa narasumber seperti Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani, Koordinator Komite Konvensi Independent Pemantau Pemilu (KIPP) Sumbar, Samaratul Fuad, mantan Ketua KPU Sumbar, Mufti Syarfie dan lainnya.
“Narasumber berikan materi sesuai bidangnya masing-masing,” ujarnya.
Menurut Riko, ada 10 basis yang akan disasar oleh relawan demokrasi. Diantaranya basis pemilih pemula dengan menyasar pemilih yang berusia 17-22 tahun. Basis anak muda dengan menyasar organisasi-organisasi kepemudaan serta basis-basis lainnya.
“Relawan demokrasi ini direkrut dari basis kewargaan, nanti mereka akan menyasar kelompok basis masing-masing untuk mensosialisasikan tentang pemilu,” sebutnya.
Relasi ini diharapkan menjadi bagian dari pendidikan bagi pemilih dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih baik secara kuantitas maupun kualitas.
Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Sumbar, Izwaryani, menyebutkan, relawan demokrasi ini merupakan bagian dari partisipasi masyarakat yang menjadi perpanjangan tangan KPU.
“Pembentukan relawan demokrasi untuk meningkatkan kualitas pemilu dan meningkatkan partisipasi pemilu. Mereka bekerja sesuai dengan kode etik relawan,” katanya.


Share This Post: