Pemkab Agam Anggarkan 11,7 M Untuk Bangun Tiga Unit Gedung Puskesmas

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, melalui Dinas Kesehatan menganggarkan Rp11,7 miliar lebih untuk membangun tiga unit gedung Puskesmas di 2019.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, melalui Kabid Sumber Daya Kesehatan, Riyanti mengatakan, tiga unit puskesmas itu seperti Puskesmas Kecamatan IV Koto Rp4,5 miliar lebih, Puskesmas Lasi Kecamatan Canduang Rp3,2 miliar lebih, Puskesmas Kapau Kecamatan Tilatang Kamang Rp3,9 miliar.
“Pembangunan gedung baru dilaksanakan di lokasi bangunan puskesmas yang ada saat ini,” ujar Riyanti di ruangan kerjanya, Senin (21/1).
Menurutnya, pembangunan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Kondisi gedung saat ini dirasakan sudah kurang memadai, sehingga perlu diganti dengan bangunan baru agar lebih representatif.
“Gedung itu nanti dilengkapi dengan peralatan yang diperlukan termasuk untuk perlengkapan rawat inap,” sebutnya.
Untuk peralatan pihaknya harus mengacu pada Permenkes nomor 75 tahun 2014, karena ketentuan peralatan untuk puskesmas telah diatur dalam Permenkes tersebut.
Dikatakan, secara bertahap pihaknya akan membangun gedung baru puskesmas dengan kapasitas lebih baik. Pembangunan dianggarkan tiap tahun. Dari 23 puskesmas yang ada di Agam, sudah 12 unit miliki gedung baru dan ditargetkan tahun 2021 selesai.
Selain renovasi, Dinas Kesehatan juga anggarkan Rp824 juta untuk renovasi tiga unit Puskesmas Pembantu (Pustu). Yaitu Pustu Surau Gadang Kecamatan Ampek Angkek Rp200 juta, Pustu Sitanang Kecamatan Ampek Nagari 150 juta dan pembuatan baru pustu Koto Tinggi Kecamatan Palembayan Rp474 juta lebih.


Share This Post: