Bupati Agam Hadiri HUT BATAN ke-60

Bupati Agam, Dr. Ir. H. Indra Catri, MSP Dt Malako Nan Putiah, hadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) ke-60, di Auditorium Graha Widya Bhakti Gedung DRN Kawasan Puspiptek Serpong, Rabu (5/12).
Hadirnya Bupati Agam atas undangan Kepala BATAN, Prof. Dr. Djarot Sulistio Wisnubroto, M.Sc, yang bermaksud menjalin kerjasama dengan bupati, dalam mengembangkan inovasi terkait pemanfaatan teknologi nuklir bidang pertanian.
Pada kesempatan itu, Bupati didampingi Kepala Dinas Pertanian Agam, Isman Imran dan Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Agam, Fauzan Helmy Hutasuhut.
Seperti dijelaskan Bupati Agam, Doktor Indra Catri, bahwa kehadirannya di acara itu untuk menjawab keingginan Kepala BATAN yang saat ini mencari mitra kerja dan memanfaatkan berbagai inovasi teknologi BATAN.
“Hal ini dilakukan agar dapat menciptakan padi hasil pemuliabiakan, buah-buahan dan pengolahan produk kuliner seperti rendang supaya lebih tahan lama dan berdayasaing di pasar internasional,” ujarnya.
Tidak hanya itu, masa panen padi juga meningkat dari dua kali menjadi tiga kali setahun dengan hasil produksi yang memuaskan.
Kepala BATAN Djarot Sulistio Wisnubroto menyebutkan bahwa Kabupaten Agam merupakan daerah yang memiliki potensi menjadi mitra atau jejaringan bagi BATAN.
“Selama ini kita hanya bekerja sendiri dan sudah saatnya mencari mitra yang bisa memanfaatkan inovasi BATAN dan mengembangkan jejaringan internasional,” ujarnya.
Demikian juga dalam sambutan Menteri Ristekdikti melalui Staf Ahli Bidang Infrastruktur, Ir. Hari Purwanto, M.Sc, DIC, yang meminta Bupati Agam menjadi front officenya BATAN dalam pengembangan inovasi teknologi tersebut.

 


Share This Post: