IGTKI IV Koto Latihan Manasik Haji Untuk Murid TK

Latihan manasik haji kembali dilaksanakan di Kabupaten Agam. Kali ini ratusan murid taman kanak-Kanak (TK) di Kecamatan IV Koto yang digelar Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI), di SDN Balingka, Kamis (8/11).
Kegiatan ini dibuka Bunda PAUD Agam Ny. Vita Indra Catri didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Gusri Noval, Camat IV Koto Rahmi Artati.
Bunda Paud Agam Ny. Vita Indra Catri yang juga Pembina IGTK Agam, mengatakan, pihaknya mengaku bangga atas semangat anak usia dini yang mengikuti manasik haji hingga selesai.
Pihaknya berharap dari pagelaran manasik haji ini, anak-anak dapat memahami, mempelajari, dan mengenal tata cara ibadah haji yang sesungguhnya dan bisa berangkat haji jika sudah waktunya tiba dan memiliki kelebihan harta.
Dikatakannya, pelaksanaan manasik tahun ini hampir diikuti dari 5.000 anak dari lembaga TK yang tersebar di seluruh kecamatan di Agam, yang digelar secara marathon.
“Manasik haji ini dapat terselenggara atas kerja sama yang baik dari semua pihak, terutama peran orangtua yang mendukung penuh kegiatan mansik haji,” ungkapnya.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Agam, Gusri Noval mengungkapkan rasa bangganya atas semangat anak didik yang mengikuti pelatihan manasik haji sejak dini.
Menurutnya, kegiatan manasik haji ini sangat bermanfaat agar nantinya anak didik bisa memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji yang sesungguhnya.
Ia menambahkan, pelaksanaan manasik haji ini diharapkan para peserta didik mampu mengaplikasikan kegiatan manasik haji, agar kedepan menjadi insan yang bertakwa.
“Dengan pendidikan manasik haji bagi anak-anak ini, tidak hanya diajarkan tentang tata cara pelaksanaan haji, tapi makna dari semua itu yakni menanamkan kepada jiwa mereka tentang nilai-nilai tauhid dan syariat,” ulasnya.

 


Share This Post: