Pemkab Agam Ke-4 Kalinya Raih OTP Terhadap LKPD

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI memberikan Piagam Penghargaan kepada Kabupaten Agam sebagai apresiasi atas diperolehnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Agam Tahun Anggaran 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), serta mampu memperoleh opini tersebut 4 kali berturut-turut sejak 2014.
Piagam penghargaan ini diterima Bupati Agam Indra Catri, dari Kepala Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Bukittinggi, Hendry Rulinson Purba, didampingi tiga orang pejabat KPPN Bukittinggi, Senin (15/10) Lubuk Basung.
“Kami perwakilan dari Kementerian Keuangan RI, menyampaikan penghargaan kepada Bupati Agam atas pengelolaan laporan keuangan daerah dengan baik,” ujar Kepala KPPN Bukittinggi Hendry Rulinson Purba.
Ia mengatakan bahwa capaian opini terbaik atas laporan keuangan yaitu WTP merupakan salah satu indikator dari praktik pengelolaan keuangan daerah yang sehat, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
Menurutnya, opini WTP juga merupakan perwujudan pengelolaan keuangan yang baik, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.
“Capaian opini terbaik tidak semata-mata disajikan oleh laporan keuangan, tetapi juga ditopang efektivitas sistem pengendalian intern serta kepatuhan terhadap undang-undang. Dan dalam penyelesaian LKPD, yang paling utama adalah diperlukan komitmen kepala daerah yang nantinya pasti akan diikuti oleh jajarannya,” ujar Hendry.
Bupati Agam Indra Catri setelah menerima piagam penghargaan tersebut menuturkan bahwa penghargaan yang diperoleh ini adalah buah kerja keras seluruh jajaran Pemkab Agam. Kerja keras terus sambungnya, akan terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan lagi.
“Terimakasih atas kerja keras dari seluruh jajaran OPD, sehingga kita bisa mendapatkan opini WTP. Capaian ini harus dapat terus dipertahankan dan dijadikan motivasi untuk dapat lebih baik lagi ke depannya,” ujar bupati.

 


Share This Post: