Distan Agam Lakukan Pengobatan Massal Ternak

Sebanyak 55 ekor ternak warga di Kurao, jorong Pasar Durian, kenagarian Manggopoh, kabupaten Agam, ikuti pengobatan massal oleh Dinas Pertanian (Distan) Agam, Kamis, (11/10).
Selain pemeriksaan kesehatan hewan, juga dilakukan pemberian obat cacing, pemberian suntik vitamin, dan pemeriksaan status reproduksi, yang dirangkai dengan sosialisasi pemeliharaan hewan.
Kadistan Isman Imran, melalui Kesmavet Distan Agam, drh.Welya Roza mengatakan, kegiatan ini merupakan program rutin pihaknya dalam rangka pengawasan penyakit hewan.
“Hal ini untuk membantu masyarakat yang tidak mampu, dan juga pelayanan medis ternak yang selama ini tidak terjangkau, ” ujarnya
Dikatakan, pengobatan yang diberikan berupa suntikan B-kompleks (obat cacing), multi vitaman, salep anti biotik, serta ivopek (obat koreng), dan pemeriksaan status reproduksi terhadap ternak.
” Kami memberikan pengobatan pada 2 jenis sapi, yaitu sapi Bali dan sapi lokal, ” ulasnya
Ia berharap, seluruh peternak di kabupaten Agam, agar selalu memperhatikan kebersihan kandang maupun lingkungan sekitar, serta pemberian pakan ternak yang cukup, sehingga hewan ternak bisa terhindar dari segala jenis penyakit.

 


Share This Post: