Distan Agam Berikan Sosialisasi Panitia Qurban

Pemerintah kabupaten Agam melalui Dinas Pertanian (Distan) Agam memberikan sosialisasi pada panitia qurban.
Sosialisasi panitia qurban itu untuk meningkatkan pengetahuan panitia qurban masjid dan masyarakat tentang penanganan hewan qurban, baik dari sisi kesehatan hewan maupun syariat Islam.
Plh.Kepala Distan Agam Arif Restu di ruang kerjanya, Senin (20/8) mengatakan, sosialisasi untuk memberi pengetahuan tentang penanganan dari segi kesehatan hewan, dan memenuhi unsur ASUH, aman, sehat, utuh, dan halal.
Lebih lanjut Arif mengatakan, penyembelihan hewan qurban harus sesuai dengan kesejahteraan jewan (Kesrawan).

“Kesrawan adalah, penyembelihan terhadap hewan qurban itu harus tidak dihadapan hewan yang lainnya,” ujarnya
Ditambahkan, sosialisasi pada panitia qurban di tahun 2018 ini dilaksanakan di 3 kecamatan yakni , Palembayan, Matur, dan kecamatan Palupuah.
“Sebelumnya telah dilaksanakan tahun 2015 di kecamatan Lubuk Basung, Malalak, dan Tilatang Kamang, di tahun 2017 kecamatan Tanjung Raya, Ampek Nagari, dan Tanjung Raya,” sambungnya
Peserta sosialisasi adalah panitia qurban masjid, mushola, pemerintah nagari, pemerintah kecamatan, dan petugas kesehatan hewan di kecamatan.
“Narasumber dalam sosialisasi ini didatangkan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Kementrian Agama kabupaten Agam, dan Distan Agam,” ulasnya.

 


Share This Post: