Bupati Agam Targetkan 125 Ribu Bibit Pohon Kelapa Yang Dibagikan Tahun 2018

Bupati Agam Indra Catri menargetkan tahun 2018 sebanyak 125 ribu bibit pohon kelapa lokal kepada lima nagari di Kecamatan Lubuk Basung untuk dibagikan kepada masyarakat.
Demikian disampaikan bupati saat berkunjung ke kebun bibit kelapa di Nagari Manggopoh, Kamis (19/7). Hadir juga pada kesempatan itu, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, Sekda Agam Martias Wanto, Camat Lubuk Basung Murni Idrus, Walinagari Manggopoh dan Walinagari Lubuk Basung Darma Ira Putra, serta kepala OPD terkait.
“Saya targetkan per nagari harus membibitkan kelapa sebanyak 25 ribu dalam tahun ini,” tegas bupati dihadapan Walinagari Manggopoh Ridwan dan Walinagari Lubuk Basung, Dharma Ira Putra, yang merupakan nagari sentra kelapa di kecamatan itu.
Dipilihnya nagari tersebut, karena memiliki potensi untuk pengembangan bibit kelapa lokal. Seperti Nagari Manggopoh dan Nagari Lubuk Basung yang sedang mengembangkan kebun bibit kelapa lokal untuk dibagikan kepada masyarakat.
Selain Lubuk Basung, ada tiga kecamatan lagi yang memilki potensi pengembangan kelapa lokal, yakni Tanjung Mutiara, Ampek Nagari dan Palembayan. “Saya berharap, daerah-daerah ini bisa memanfaatkan potensi yang ada, dengan harapan
“Kalau dari satu tandan saja menghasilkan 16 butir berapa banyak hasil yang didapat masyarakat dalam satu batang, apalagi saat ini harga kelapa naik mencapai 5-6 ribu, belum lagi kalau sudah diparut harganya mencapai 8 ribu per-buah,” jelas bupati.
produk kelapa jika diolah secara kreatif bisa menghasilkan omzet yang menguntungkan dan menjadi usaha yang bisa mensejahterakan para petani
Di nagari Manggopoh, menargetkan100 ribu batang pohon kelapa lokal untuk dibagikan kepada 20 ribu rumah tangga di nagari tersebut. Sementara itu, di Nagari Lubuk Basung sudah mendistribusikan kepada masyarakat sebanyak 7 ribu buah, dengan target 100 ribu batang terealisasi.

 


Share This Post: