Pemerintah Mangopoh Pacu Kemandirian, Optimalkan Peran Dasawisma

Dalam upaya memacu kemandirian pemerintah nagari Mangopoh, kecamatan Lubuk Basung, kabupaten Agam, optimalkan peran dasawisma dalam beragam aspek
Untuk mempersiapkan dasawisma tersebut, pemerintah nagari Manggopoh gelar penyuluhan pada 6 kelompok dasawisma Rabu, (11/7).
Seperti dijelaskan, Ridwan, wali nagari Manggopoh, nagari menganggarkan dana sebesar Rp. 74 juta secara keseluruhan untuk 6 kelompok dasawisma yang terdiri dari, Dasawisma Mangga 2 jorong Anak Aia Dadok, Dasawisma Pepaya 1 jorong Balai Satu, Dasawisma Melati 1 jorong Sago, Dasawisma Jambu 1 jorong Padang Mardani, Dasawisma  Mawar 2 jorong Batu Hampar, Dasawisma Kamboja 1 jorong Padang Tongga, sebagai percontohan pemanfaatan lahan perkarangan.
Ditambahkan Ridwan, kegiatan ini dilakukan adalah bentuk dukungan pemerintah nagari terhadap masyarakat dengan memberikan bekal kepada calon penerima kegiatan.
“Hal ini adalah bentuk dukungan nagari untuk meningkatkan perekonomian masyrakat,” ujar Ridwan.
Penyuluhan yang diberikan berupa sosialisasi dan pemberian bibit ikan di masing-masing kolam percontohan 560 ekor ikan nila dan pakan ikan masing-masing 20 kg masa pemeliharaan selama 30 hari.
Tidak hanya itu masing-masing kelompok juga diberikan saver bibit sayuran seperti bayam, kangkung, kacang panjang, pario, dan cabe, termasuk peralatan mulai dari bambu, terpal , paku pupuk organik dan anorganik organik di bantu ke kelompok.

 

Share This Post: