LAPAU NAGARI Dapat Respon Positif Berbagai Nagari

Program LAPAU NAGARI ( layanan pengelolaan keuangan nagari ) yang digagas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari ( DPMN ) kabupaten Agam mendapat respon positif dari berbagai wali nagari di kabupaten Agam.
DPMN Agam yang membentuk tim monitoring khusus ke lapangan dan sudah mendatangi 21 nagari, bahkan langsung meninjau berbagai kegiatan pembangunan pisik yang dikelola pemerintah nagari ke lapangan, bahkan langsung membina pengelolaan keuangan sesuai kegiatan yang ada dinilai sangat membantu pemerintahan nagari saat ini dalam pengelolaan keuangan.
Bahkan, program pembinaan dengan sistim monitoring langsung ke lapangan, seiring dengan evaluasi kegiatan pemerintah nagari dinilai sangat efektif untuk mendorong optimalnya berbagai kegiatan yang sudah dikerangka pemerintah nagari bersama masyarakat. Dan hal itu sudah sejak lama diharapkan pemerintah nagari di kabupaten Agam.
Respon positif itu diungkap Tommy Candra Putra, wali nagari Paninjauan, kecamatan Tanjung Raya menjawab amcnews.co.id terkait terobosan program LAPAU NAGARI yang sudah tiga pekan terakhir dirilis DPMN Agam.
Data yang diperoleh dari kepala DPMN Agam Teddy Martha, menyebutkan, sudah 21 nagari dari kecamatan Tanjung Raya, Palembayan dan Matur yang sudah didatangi tim monitoring, bahkan tim langsung terjun ke lokasi kegiatan pembangunan pisik yang digarap pemerintah nagari di berbagai wilayah.
Disebutkan Tommy Chandra Putra, pihaknya bersama aparatur pemerintah nagari sangat terbantu dengan program LAPAU NAGARI, yang tidak hanya membina, mengarahkan serta ikut menata pengelolaan keuangan, tapi juga langsung memantau kegiatan ke lapangan.
Bahkan, DPMN Agam juga membuka layanan khusus di kantor DPMN Agam, jika ada yang tidak dipahami oleh jajaran pemerintah nagari, “ kami sangat terbantu dengan pola pembinaan seperti itu, “ sebut wali nagari Paninjauan tersebut.
Diakuinya, pola pembinaan pengelolaan keuangan pemerintah nagari tersebut, baru kali ini dilakukan Pemkab Agam, dan sasarannya untuk mendorong kesiapan seluruh unsur di pemerintahan nagari dalam menjalankan berbagai program yang dirancang, sesuai dengan target dan aturan yang ditetapkan pemerintah.
“ Kami berharap pola pembinaan seperti itu berlanjut, sehingga jajaran pemerintahan nagari bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawab secara optimal, sesuai dengan aturan yang ditetapkan serta tidak kuatir menyalahi ketentuan yang berlaku, “ ulas Tommy Chandra Putra.
Program LAPAU NAGARI DMPMN Agam sendiri, sudah berjalan selama 3 pekan terakhir, yang dikonsentrasikan untuk pembinaan pengelolaan keuangan pemerintah nagari, agar sesuai dengan regulasi yang ada, sehingga kegiatan yang dirancang tepat sasaran, efektif dan tepat sasaran.(Andrew)
SMAN 1 Lubukbasung ditetapkan sebagai sekolah ramah anak di Sumatera Barat tahun 2018.
Penetapan sekolah ramah anak itu dalam rangkaian pemilihan yang dilakukan Pemprov Sumbar, dimana SMAN 1 Lubukbasung akan mengikuti kompetisi sekolah ramah anak tingkat nasional tahun ini.
Kepastian ditetapkannya SMAN 1 Lubukbasung sebagai sekolah ramah anak itu, disampaikan kepala SMAN 1 Lubukbasung Taslim usai menerima kunjungan kepala Dinas Pemberdayaan dan Pelindungan Anak Sumbar di kampus SMAN 1 Lubukbasung Selasa, (10/7).
Disebutkan Taslim, terpilihnya SMAN 1 Lubukbasung sebagai sekolah ramah anak tersebut, setekah melalui serangkaian seleksi dan evaluasi panjang di Sumbar.
Hasil evaluasi tersebut, SMAN 1 Lubukbasung lolos dengan berbagai persyaratan yang ditetapkan, diantaranya SMAN 1 Lubukbasung harus memiliki sarana yang memadai untuk aktivitas anak, kompleks sekolah yang aman dan nyaman, kegiatan sekolah yang mendorong optimalnya aktivitas anak, ” Alhamdulillah, SMAN 1 Lubukbasung lolos dalam seleksi sekolah anak dan hal itu menjadi salah satu pendorong kemajuan, ” ulas Taslim.
Taslim meyakinkan pihaknya berupaya maksimal mempersiapkan berbagai perangkat pendukung agar SMAN 1 Lubukbasung bisa lolos ke tingkat nasional.
Saat ini, aktivitas sekolah di kampus tertua di Lubukbasung itu sudah makin lengkap dan nyaman, dimana kegiatan siswa diatasi dan didukung sekolah dengan baik, sehingga berbagai prestasi sukses diraih SMAN 1 Lubukbasung.

 


Share This Post: