Pemkab Agam Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke-73

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, menggelar upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73, di halaman kantor Bupati Agam berjalan khidmad. Jum'at (1/6).
Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Agam H. Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah bertindak selaku Inspektur Upacara, dihadiri Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi. SIK, Dandim 0304 Agam diwakili Kapten Imam Safi'i, Ketua MUI Agam Fauzi Damrah, Wakil Ketua DPRD Agam Suharman, Sekda Agam beserta jajaran dan lainnya.
Upacara diikuti ASN di lingkungan Pemkab Agam, TNI, Polri, Satpol PP dan Pemadan Kebakaran Agam, BPBD Agam, Dinas Perhubungan Agam, siswa SMA dan SMP Lubuk Basung.
Dalam amanat, Trinda Farhan Satria membacakan pidato Presiden Republik Indonesia Joko widodo, bahwasannya selama 73 tahun Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia, bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.
"73 tahun Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh Rakyat Indonesia," ujarnya.
Dalam pidato Presiden menyebutkan, Pancasila adalah berkah yang indah diberikan Tuhan YME kepada Bangsa Indonesia melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.
Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada 1 juni 1945, dan dituangkan dalam piagam Jakarta 22 juni 1945, kemudian dirumuskan secara final 18 Agustus 1945.
Dengan demikian, peringatan hari lahir pancasila setiap 1 Juni harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, pemacu dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Untuk itu teruslah amalkan warisan mulai para founding fathers untuk kemajuan bangsa sekaligus menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.
Atas nama rakyat Indonesia, Joko Widodo mengucapkan terimakasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada founding fathers dengan warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila yang kita nikmati saat ini.
"Begitu juga kepada generasi-generasi berikutnya yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ujarnya.

 


Share This Post: