Sambut 2005, Agam Pesta Akbar

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam dijadwalkan akan menggelar pesta akbar selama sepekan menyambut pergantian tahun 2005 di Salingka Danau Maninjau. Pesta akbar old and new yang digelar selama sepekan itu, akan melibatkan ribuan personil dari berbagai komponen masyarakat terutama kalangan generasi muda.

Bahkan, acara yang diformat khusus itu akan dibuka langsung Menteri Pariwisata dan Kebudayaan yang akan dihadiri beberapa pejabat penting di tingkat pusat.
Tim, panitia tengah mempersiapkan dukungan sponsor dari berbagai perusahaan clan lembaga penting di tingkat provinsi Sumbar. Pasalnya momentum akbar itu akan menjadi wahana penting untuk promosi wisata andalan Kabupaten Agam.

Bupati Agam Aristo Munandar didampingi Edwardi, Kadmas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Agam, Senin kemarin mengatakan, program khusus menyambut tahun baru tersebut, akan di follow up secara maksimal oleh seluruh lembaga yang ada. Pasalnya karena momen itu akan menjadi ajang aktualisasi potensi wisata Again yang nilainya telah bernilai jual internasional.

Disebutkan, pesta Danau Maninjau menyambut tahun baru 2005 tersebut, akan dimulai sejak 26 Desember 2004 sampai 1 Januari 2005.

Panitia Akan Menggelar Suguhan tradisional dengan berbagai kesenian anak nagari se-Kabupaten Agam. Konsentrasi acara di Muko-muko, yang akan dibuka panggung hiburan untuk menyajikan berbagai jenis kesenian tradisional masyarakat. Selain itu, juga akan dibuka stand pameran dari berbagai lembaga yang ada di Sumatera Barat.

Hingga Senin kemarin, sebut Edwardi pihaknya sudah dikonfirmasi beberapa pihak, yang berminat menggunakan stand pameran untuk ajang promosi. Selain itu, sepanjang hari kegiatan panitia akan menggelar acara paralayang sekaligus alek buru babi massal yang diformat khusus bersama masyarakat pencinta olahraga tersebut.

Selain ini, tengah dipersiapkan Pesta Obor Salingka Danau Maninjau yang justru dilombakan per Nagari, bahkan panitia akan menggelar malam puncak dengan rangkaian pesta anak nagari sekaligus lomba nyanyi turis asing.

Spektakuler
Di sisi lain, dijelaskan Edwardi, pihaknya merencanakan momen pesta anak Danau Maninjau menyambut tahun baru dengan antiklimaks pesta kembang api yang didatangkan khusus dari Jakarta. dirancang tebaran kembang api yang menyembur di permukaan Danau Maninjau akan mengekspresikan keberadaan pesta Danau Maninjau menjemput tahun 2005 nantinya.



Ditegaskannya, momen pertama Pemkab Agam yang mencoba menyuguhkan sajian luar biasa bagi masyarakat dan pengunjung di sepanjang objek wisata Danau Maninjau akan melibatkan seluruh kekuatan yang ada ditengah masyarakat termasuk kalangan perantau. Dimana di berbagai momen Pemkab Agam sudah melakukan pendekatan dengan perantau yang ada.

Di sisi lain, Edwardi menyebutkan pihaknya sengaja akan melibatkan dukungan dari berbagai lembaga dan perusahaan sebagai sponsor utama. Pasalnya acara yang diyakinkan akan menyedot perhatian puluhan ribu masyarakat dari berbagai daerah di Sumbar.
"Kita mencoba menyajikan suguhan akbar untuk seluruh pengunjung menjelang tahun baru, karena memang di Sumbar juseru acara-acara seperti itu sangat diharapkan masyarakat," tegas Edwardi lagi.

Sementara, rangkaian persiapan yang dilakukan panitia saat ini, beberapa persiapan penting sudah dilaksanakan, termasuk mengedarkan proposal dukungan tidak hanya bagi kalangan usaha di Sumbar, tapi juga pada tokoh perantau Agam di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, Minggu lalu Bupati Aristo Munandar sudah menyampaikan permohonan pada Mensos Bakhtiar Chamsyah dan kalangan perantau di Jakarta untuk mendukung secara tersebut.
( Sumber SKH Padang Ekspres )

Share This Post: