SMK Pertanian Modern, Warga Lubuk Basung Dukung Penuh

Rencana pembangunan SMK Pertanian modern berskala intemasional yang diperoleh Pemkab Agam berkat lobi maksimal yang dilakukan jajaran pemerintah diharapkan bisa memberikan nilai tambah terhadap upaya pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan, termasuk nenyiapkan generasi siap pakai bidang pertanian.

Bahkan, secara aklamasi, warga Lubukbasung sudah menyatakan dukungan maksimalnya terhadap rencana pembangunan tersebut, apalagi warga Lubuk Basung yang sangat berharap SMK pertanian bisa dibangun di Sungai Jaring, Lubukasung pasalnya areal yang dicadangkan dinilai sangat strategis tersebut, didukung penuh Pemkab Agam.

Bupati Agam Aristo Munandar kepada Koran ini mengakui kuatnya dukungan masyarakat tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi pihaknya dalam mengusulkan hal itu pada pemerintah pusat, khususnya ke Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta, karena diakuinya rencana pembangunan itu cukup mendesak, malah Depdiknas sudah memberi batas kerja lapangan yang harus diselesaikan daerah.
Diakuinya, masalah lahan masih dalam proses usulan, dimana Pemkab Agam sesuai dengan hasil pertemuan terakhir pihaknya bersama masyarakat dan seluruh jajaran terkait di pemerintahan sudah memutuskan untuk mengkonsentrasikan usulan itu ke Sungai Jaring, Lubuk Basung dengan berbagai pertimbangan yang dimiliki.

Namun, Aristo sangat berharap dukungan masyarakat secara konsisten dalam memback-up rencana pembangunan tersebut, termasuk realisasi dari kesanggupan masyarakat menyediakan areal cadangan untuk pembangunan tersebut, "kita justru sangat termotivasi dengan dukungan spontan yang disampaikan masyarakat dengan menyediakan lahan pendukung yang langsung diwakafkan, bahkan masyarakat siap mendukung proses pembangunan sampai pembangunan dinyatakan rampung itu bukti peran masyarakat makin besar dalam bidang pembangunan, salut saya," ulasnya.

Aristo membenarkan bahwa sebelumnya Pemkab Agam mengusulkan beberapa altematif lahan yang diproyeksikan untuk pembangunan SMK pertanian tersebut, dan baru dioptimalkan saat pertemuan terakhir bersama masyarakat dan jajaran terkait Pemkab Agam, bahkan jajaran terkait langsung meninjau ke lapangan, lahan cadangan dan langsung menyerahkan berkas administrasi terakhir pada Depdiknas di Jakarta.

"Kita justru berharap, dengan ikhtiar bersama itu, rencana pembangunan SMK Pertaniaan modern tersebut bisa direalisasikan, karena memang pembangunannya harus dilaksanakan dalam tahun anggaran 2004 ini," ulas Aristo lagi.
Program pembangunan SMK pertanian di Kabupaten Agam tersebut, melengkapi komitmen penting Aristo Munandar dalam memacu peningkatan mutu pendidikan dan kesejahteraan masyarakat, pasalnya dampak pembangunan SMK pertanian tersebut, secara otomatis akan berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi. Apalagi jika direalisasikan pembangunannya di Sungai Jaring Lubukbasung yang cukup strategis karena berada persis di jalur lintas Sumatera berdekatan dengan kabupaten tetangga.
( Sumber SKH Padang Ekspres )
Share This Post: