Data Perspektif Gender

Dalam Buku data perspektif gender Kabupaten Agam tahun 2017, terdapat permasalahan dalam pelaksanaan dan perwujudan kesetaraan dan keadilan gender. Beberapa isu penting dan untuk lebih di perhatikan adalah

1. Ketersediaan Data

  1. Menjadikan Data Terpilah sebagai isu strategis untuk di programkan dan dilaksanakan pada masing-masing OPD baik di Tingkat Kabupaten maupun di Tingkat Kecamatan dan Nagari.

  2. Ketersediaan Data Terpilah sangat penting dalam menyelesaikan ketimpangan dan keadilan gender pada semua bidang pembangunan, yang idealnya akan memiliki pendekatan spesifik sesuai kebutuhan.

  3. Meminimalisir panduan format dan deskripsi data yang sesuai dengan kebutuhan analisis gender pada setiap indikator pembangunan. Hal ini akan sangat membantu komunikasi dan koordinasi data yang bersifat sektoral.

2. Beberapa Isu Menarik Pada Bidang Pembangunan Pemberdayaan Perempuan

  1. Pendidikan, Tingginya angka siswa perempuan dibandingkan dengan siswa laki-laki yang melanjutkan ke perguruan tinggi di Kabupaten Agam\

  2. Kesehatan, Masih rendahnya partisipasi aktif laki-laki dalam ber-KB ,  sampai tahun 2016 angka partisipasi KB Pria Aktif hanya mencapai angka 5,95% yang sangat jauh lebih rendah dibanding Peserta KB Perempuan aktif sebesar 94,05%.

  3. Peranan Perempuan di Sektor Publik, Diharapkan pada pemilu berikutnya kita sudah memiliki caleg-caleg perempuan yang siap bersaing di ranah politik.

  4. Kekerasan Terhadap Perempuan, Meningkatnya laporan kepada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana melalui P2TP2A, hal ini menunjukkan mulai adanya keberanian dari masyarakat terutama perempuan dan anak melaporkan kasus kekerasan yang dialami.

Dengan disusunnya buku ini secara berkesinambungan juga akan membantu ketersediaan data  gender yang lengkap, akurat, mutakhir, berkelanjutan dan relevan. Dengan demikian ini akan menjadi bahan rujukan dalam perumusan kebijakan mulai perencanaan, sampai pemantauan dan evaluasi program-program pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Informasi lebih lanjut tentang Data Gender Kabupaten Agam dapat diperoleh di Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jalan Dr .Moh Hatta Lubuk Basung. No. Telp. 0752- 76084. Kontak Person, Yulhendri, SKM,M.Kes 08126798953


Untuk Donwload Buku Klik Disini