Senin, 11 Desember 2017 / 22 Rabiul Awwal 1439 H
Geografis Nagari Sungai Pua

Nagari Sungai Pua adalah sebuah kampung yang indah, terletak di kaki gunung Merapi. Secara Geografis Nagari Sungai Pua terletak pada posisi 100° 22 - 100° 25° BT dan 0° 77 - 0° 21 LS, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan: Nagari Kubang Putih
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan: Nagari Sarik
  • Sebelah Timur berbatasan dengan: Nagari Bukik Batabuah
  • Sebelah Barat berbatasan dengan: Nagari Sungai Buluah

Nagari Sungai Pua terdiri dari beberapa Jorong dengan luas yaitu:

  1. Kapalo Koto: 217 Ha
  2. Limo Kampuang: 206 Ha
  3. Tangah Koto: 191 Ha
  4. Limo Suku: 399 Ha
  5. Galuang: 200,9 Ha

Jumlah penduduk Nagari Sungai Pua lebih Kurang 12.639 jiwa (Heterogen), dengan jumlah kepala keluarga 2.625 KK.

Kondisi Topografi

Nagari Sungai Pua terletak pada dataran tinggi d engan ketinggian dari permukaan laut 963 - 1000 M . Kondisi wilayah yaitu perbukitan yang dibatasi sebagaian besar oleh Ngarai dengan topografi kemiringan, ketinggian dan morfologi daratan, wilayah pegunungan, dataran tinggi dan dataran rendah. Nagari Sungai Pua terletak pada daerah relatif bergelombang dan berbukit yang memiliki kemiringan tanah yang berkisar antara 5 - 40% bahkan ada yang lebih dari 40% (lebih dominan) yang dikelompokkan dalam:

  • Lahan dengan kemiringan 15 - 40% terdapat pada bagian utara dan barat dari Nagari Sungai Pua ( Jorong Limo Suku, Galuang, Kapalo Koto, dan sebahagian Jorong Tangah Koto).
  • Kemiringan 74% terdapat dibagian Selatan dan Timur Nagari Sungai Pua (Jorong Limo Kampuang sebahagian Jorong Kapalo Koto).

Iklim

Suhu rata-rata di Nagari Sungai Pua berkisar 15.3° C – 24.4° C dan kelembaban udara sekitar 81.6% - 90.6%. Sedangkan curah hujan cukup tinggi pertahun 4500 mm / tahun tanpa bulan kering, curah hujan tertinggi terjadi pada bulan Agustus ( 161 mm ) dengan hari hujan sebanyak 14 hari, sedangkan curah hujan terendah terjadi pada bulan Februari (74 mm) dengan hari hujan sebanyak 9 hari. Kondisi iklim tersebut tidak berpengaruh terhadap aktivitas penduduk.

Jenis tanah di Nagari Sungai Pua merupakan jenis tanah latosol yang berbentuk batu baku yang bersifat tahan terhadap erosi dan cocok untuk pertanian, walaupun demikian masih bisa atau mampu menampung kegiatan penduduk dengan syarat apabila melakukan pembangunan harus bangunan yang sederhana bukan menggunakan konstruksi yang rumit.

Hidrologi

Tata air Nagari Sungai Pua terdiri dari air permukaan dan air tanah, Nagari Sungai Pua mempunyai banyak sumber mata air seperti Tabek Barawak, aliran anak sungai daerah serapan dan daerah tangkapan air. Nagari Sungai Pua juga dilalui oleh beberapa aliran anak sungai seperti Batang Rakik, Batang Tambuo, yang pola alirannya berasal dari Gunung Merapi.

Penggunaan Lahan

Dari kondisi topografi yang ada di Nagari Sungai Pua akan mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi masyarakat dan ketersediaan lahan. Penggunaan lahan di Nagari Sungai Pua di dominasi areal pertanian (sawah/ladang), perumahan, sarana prasarana, perkebunan, hutan dan bentuk lainnya. W ilayah yang seluas 1.213,9 Ha terbagi dalam beberapa tata guna lahan yaitu:

  • Hutan : 9,2 Ha
  • Perumahan : 541,8 Ha
  • Sawah Ladang : 1061 Ha
  • Kebun : 100,4 Ha

• Terbagi kedalam 5 jorong :