26 November 2014

-

Menghadiri acara Bermain Bersama Anak Disabilitas

-

Lokakarya Background Study RPJMD Provinsi Sumatera Barat Tahun 2015 - 2020

-

Menghadiri Focus Group Disscusion (FGD) Menyikapi Pemberlakuan UU No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah

» jadwal kegiatan lainnya

Rabu, 26 November 2014 / 3 Safar 1436 H
Pidato Bupati Detil
Pembukaan Kegiatan dalam Rangka Bintek Dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa

Posting : 05/12/2011

SAMBUTAN BUPATI AGAM
PADA ACARA

PEMBUKAAN KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS DAN UJIAN SERTIFIKASI KEAHLIAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH KABUPATEN AGAM TAHUN 2011

 

TANGGAL  5 DESEMBER  2011

- YTH. SDR SEKDA/ ASISTEN/ INSPEKTUR/ KEPALA BADAN/ DINAS/ KANTOR/ CAMAT SE KABUPATEN AGAM.
- YTH. SDR KETUA IKATAN ASOSIASI PENGADAAN INDONESIA (IAPI) PROVINSI SUMATERA BARAT .
- YTH. SDR FASILITATOR BIMBINGAN TEKNIS DAN UJIAN SERTIFIKASI KEAHLIAN PENGADAAN BARANG/JASA DARI  IKATAN ASOSIASI PENGADAAN INDONESIA (IAPI) PROVINSI SUMATERA BARAT
- YTH. SDR. PESERTA BIMBINGAN TEKNIS DAN UJIAN SERTIFIKASI KEAHLIAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH DILINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN AGAM.
- YTH REKAN-REKAN PERS, LSM  DAN  HADIRIN YANG BERBAHAGIA


ASSALAMUALAIKUM WR.WB.

PUJI DAN SYUKUR MARILAH KITA PANJATKAN KEHADIRAT ALLAH SWT KARENA BERKAT RAHMAT DAN KARUNIANYA PADA KESEMPATAN INI KITA MASIH DAPAT BERKUMPUL BERSAMA MENGHADIRI ACARA   BIMBINGAN TEKNIS DAN UJIAN SERTIFIKASI KEAHLIAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH KABUPATEN AGAM TAHUN 2011.

SELANJUTNYA SALAWAT DAN SALAM KITA SAMPAIKAN KEPADA JUNJUNGAN KITA NABI BESAR MUHAMMAD SAW YANG TELAH MEMBAWA KITA KEPADA ALAM YANG PENUH ILMU PENGETAHUAN SEPERTI SEKARANG INI .

SAUDARA-SAUDARA YANG DIHORMATI
 
IZINKAN SAYA MENYAMPAIKAN UCAPAN SELAMAT DATANG DAN BERTUGAS KEPADA FASILITATOR DARI  IKATAN ASOSIASI PENGADAAN INDONESIA (IAPI) PROVINSI SUMATERA BARAT YANG TELAH BERKESEMPATAN UNTUK MELAKUKAN BIMBINGAN TEKNIS SERTIFIKASI KEAHLIAN PENGADAAN BARANG/JASA BAGI PESERTA DI KABUPATEN AGAM.

BERKENAAN DENGAN PENYELENGGARAAN BIMBINGAN TEKNIS YANG AKAN DILAKSANAKAN HARI INI,  Sudah menjadi TEKAD KITA    PEMErINTAH KABUPATEN AGAM UNTUK PELAKSANAAN KEGIATAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH, SESUAI DENGAN KETENTUAN PENYELENGGARANYA WAJIB MEMPUNYAI SERTIFIKASI KEAHLIAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH, AGAR PROSES PENGADAAN BERJALAN EFEKTIF, TRANSPARAN DAN DAPAT DIPERTANGGUNG JAWABKAN  KEPADA PUBLIK . TIDAK MASANYA LAGI DALAM  MELAKSANAKAN  PENGADAAN PENYEDIA BARANG DAN JASA PEMERINTAH DILAKUKAN  SECARA SEMBUNYI-SEMBUNYI, TIDAK TRANSPARAN, YANG DAPAT MENIMBULKAN BARBAGAI PENAFSIRAN DAN HAL-HAL YANG  MERUGIKAN PEMERINTAH .

PEMERINTAH  TELAH MENGELUARKAN BERBAGAI  ATURAN  UNTUK MELAKSANAKAN  PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH, YANG harus  DIKUTI  SEBAGAIMANA DIATUR DALAM PERPRES NOMOR 54 TAHUN 2010 BESERTA  PETUNJUK TEKNIS, SEBAGAI PENYEMPURNAAN TEHADAP ATURAN-ATURAN SEBELUMNYA.
DENGAN  TELAH DITETAPKANNYA regulasi  MELALUI PERPRES NOMOR 54 TAHUN 2010 tentang pengadaan barang/jasa INI, TELAH MENUNJUKKAN KESERIUSAN PEMERINTAH UNTUK MEWUJUDKAN PELAKSANAAN PENGADAAN BARANG/JASA  SECARA TRANSPARANSI,  AKUNTABILITASI DAN PROFESIONALISME, SEHINGGA PROSES ITU SENDIRI DILAKSANAKAN LEBIH BAIK SEKALIGUS DIHARAPKAN PENGGUNAAN KEUANGAN NEGARA BERJALAN LEBIH EFISIEN, EFEKTIF DAN TEPAT GUNA.

MENYIKAPI  ADANYA KEBIJAKAN PEMERINTAH  MELALUI PERPRES 54 TAHUN 2010, TENTANG PENGADAAN BARANG/JASA  PEMERINTAH,  JO PER MENDAGRI NOMOR 21 TAHUN 2011 TENTANG PEDOMAN PENGELOLA KEUANGAN DAERAH TELAH DINYATAKAN BAHWA  “ PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN (PPK) WAJIB MEMILIKI SErTIFIKAT KEAHLIAN PENGADAAN BARANG JASA PALING LAMBAT 1 JANUARI 2012, SERTA DALAM PENGADAAN BARANG/JASA KUASA PENGGUNA ANGGARAN (KPA) BERTINDAK SEKALIGUS SEBAGAI PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN (PPK) “.

DI KABUPATEN AGAM TELAH  DILAKUKAN BEBERAPA KALI PELATIHAN  BAGI  APARATUR  TERMASUK PENGGUNA ANGGARAN, KUASA PENGGUNA ANGGARAN DAN PANITIA PENGADAAN, NAMUN TINGKAT KELULUSANNYA JAUH DARI YANG DIHARAPKAN. UNTUK PELATIHAN SAAT INI SAYA BERHARAP AGAR SAUDARA SAUDARA MENGIKUTI BIMBINGAN TEKNIS  DENGAN SERIUS, PENUH TANGGUNGJAWAB DAN TENTUNYA TINGKAT KELULUSAN YANG TINGGI, SEBAB TINGKAT KELULUSAN AKAN BERPENGARUH TERHADAP KELANCARAN KEGIATAN INI DI KABUPATEN AGAM.

SAUDARA-SAUDARA YANG DIHORMATI

PERLU SAYA INGATKAN BAHWA ATURAN YANG MELEKAT PADA REGULASI DIATAS, ADALAH MELEKATNYA TANGGUNGJAWAB KEPADA JABATAN negeri PEGAWAI NEGERI SIPIL, BAHWA KUASA PENGGUNA ANGGARAN (KPA) BERTINDAK SEKALIGUS SEBAGAI PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN (PPK), SEBAB DALAM ATURAN YANG ADA SEKALIGUS MEMPERJELAS TANGGUNGJAWAB TUGAS DALAM PROSES PENGGADAAN BARANG/JASA YANG TERKAIT DENGAN PELAKSANAAN TUGAS MASING-MASING.

SELANJUTNYA PERLU SAYA SAMPAIKAN BAHWA, PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH MERUPAKAN BENTUK WUJUD NYATA TUGAS SKPD UNTUK PENYEDIAAN FASILITAS DAN PELAYANAN PEMERINTAH DALAM PENYEDIAAN INFRASTRUKTUR MAUPUN PENINGKATAN KAPASITAS MASYARAKAT, TENTUNYA DALAM PROSES DIMAKSUD PEJABAT YANG DITETAPKAN DALAM JABATAN STRUKTURAL SEKALIGUS OTOMATIS MENGEMBAN TUGAS MENGELOLA KEUANGAN TERMASUK PROSES PENGADAANNYA.

HADIRIN  UNDANGAN YANG BERBAHAGIA  
 
KITA MENYADARI, BAHWA INSTANSI PEMERINTAH MERUPAKAN PERANGKAT NEGARA YANG MEMPUNYAI TUGAS POKOK SERTA TANGGUNG JAWAB YANG SANGAT BERAT TERHADAP MASYARAKAT,  TERUTAMA DALAM UPAYA MEWUJUDKAN MASYARAKAT YANG SEJAHTERA. UNTUK ITU PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE ADALAH SESUATU YANG TIDAK BISA DITAWAR ATAU DITUNDA, PROGRAM/KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN DAPAT DIUKUR DAN DIPERTANGGUNG JAWABKAN  TAK TERKECUALI DALAM HAL  PELAYAN PUBLIK SESUAI DENGAN SISTIM  DAN  STANDAR PELAYANAN  PEMERINTAH .

ADAPUN BENTUK KEGIATAN  LAYANAN  YANG KITA LAKUKAN HARUS DAPAT  TERUKUR AGAR  KEPERCAYAAN PUBLIK KEPADA    APARAT  PEMERINTAH  DALAM MENJALANKAN RODA PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN DI DAERAH  DAPAT  BERJALAN  SESUAI DENGAN  YANG DIINGINKAN.

SEBAGI CONTOH BENTUK DUKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN AGAM DALAM HAL  PELAYANAN PUBLIK,    DIANTARANYA  PELAKSANAAN TENDER YANG TRANSPARAN SECARA BERTAHAP TELAH DILAKUKAN PROSES PENGADAAN BARANG/JASA MELALUI LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTORNIK (LPSE) SEJAK TANGGAL 28 OKTOBER 2009, DAN AKAN DILANJUTKAN SECARA UTUH PADA TAHUN 2012, DAN SAMBIL BERJALAN KITA SEMPURNAKAN PELAKSANAANNYA DENGAN MEMPEDOMANI ATURAN YANG ADA.

HADIRIN UNDANGAN  YANG BERBAHAGIA  
 
BAGI KUASA PENGGUNA ANGGARAN (KPA) DAN CALON PANITIA PENGADAAN BARANG/JASA YANG TELAH MEMENUHI SYARAT ,  UNTUK PELAKSANAAN TENDER MELALUI LPSE TAHUN 2012 DAN PERSIAPAN PEMBENTUKAN ULP MENJELANG AKHIR 2014, DIMINTA AGAR BETUL-BETUL MEMAHAMI DAN MENGUASAI REGULASI YANG ADA, AGAR SECARA LANGSUNG MEMACU PERCEPATAN PELAKSANAAN  PEMBANGUNAN, SEJALAN DENGAN ITU DIHARAPKAN BIMBINGAN TEKNIS DAPAT MEMPUNYAI ARAH AGAR TERBEBAS DARI INDIKASI TINDAK PIDANA KORUPSI, KARENA SASARAN BIMBINGAN TEKNIS MERUPAKAN UPAYA  MENINGKATKAN PROFESIONALISME  DALAM PELAKSANAAN PROSES PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH.

BERDASARKAN HAL-HAL DI ATAS, SAYA MEMANDANG KEGIATAN INI  SANGAT PENTING UNTUK MEMSUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH, MENGENDALIKAN PELAKSANAAN PROGRAM/KEGIATAN PEMBANGUNAN, SERTA UPAYA MEMINIMALKAN PERMASALAHAN YANG AKAN MUNCUL KEMUDIAN HARI, SEJALAN DENGAN KEGIATAN ACARA HARI INI SAYA PESANKAN BEBERAPA HAL:
1. KEPADA PENGGUNA ANGGARAN, KUASA PENGGUNA ANGGARAN/PPK DAN PANITIA  AGAR BERHATI-HATI DALAM MENGAMBIL KEBIJAKAN SERTA LAKUKAN LANGKAH UNTUK MEMINIMALISIR KESALAHAN   DALAM  SETIAP PROSES PELELANGAN,  SEHINGGA  HASIL  YANG DIDAPAT LEBIH  MAKSIMAL.
2. KEPADA KPA/PPK, AGAR MENJAGA AMANAH DAN KEPERCAYAAN PEMERINTAH DALAM MELAKSANAKAN TUGAS, KARENA KEBERADAAN KPA/PPK MERUPAKAN MEKANISME YANG MELEKAT SECARA LANGSUNG DIDALAM ATURAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH.
3. KEPADA KEPALA SKPD, AGAR MENDORONG KPA/PPK BEKERJA SECARA BAIK DAN CEPAT, UNTUK SEKALIGUS MEMPERCEPAT PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI KABUPATEN AGAM.
4. KEPADA FASILITATOR DARI IKATAN ASOSIASI PENGADAAN INDONESIA (IAPI) PROVINSI SUMATERA BARAT, KIRANYA DAPAT MEMBERIKAN BIMBINGAN YANG TEPAT DAN JELAS, AGAR PROSES BIMBINGAN TEKNIS DAN UJIAN SERTIFIKASI KEAHLIAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH DAPAT BERJALAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA.
5. KEPADA PIHAK-PIHAK YANG ADA SAYA HARAPKAN IKUT BERPARTISIPASI  MENDUKUNG KEGIATAN INI, AGAR PELAKSANAAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH  DAPAT BERJALAN DENGAN BAIK, SESUAI ATURAN DAN CEPAT PROSESNYA.

AKHIRNYA SAYA  UCAPKAN SELAMAT  MELAKSANAKAN TUGAS, TERIMA KASIH  KEPADA  SEMUA PANITIA  DAN SEMUA PIHAK YANG IKUT BERPARTISIPASI  DALAM MENSUKSESKAN  UNTUK TERLAKSANANYA ACARA INI.
DEMIKIANLAH BEBERAPA HAL YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN UNTUK MENJADI PERHATIAN BAGI KITA SEMUA.

WABILAHI TAUFIK WAL HIDAYAH, WASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATU.

BUPATI AGAM


INDRA CATRI

Share di situs jejaring sosial :