Selasa, 12 Desember 2017 / 23 Rabiul Awwal 1439 H
Pariwisata Detil Cagar Budaya
MASJID TUO PINCURAN GADANG

Lokasi : Kecamatan Matur

Jorong Batu Baselo Nagari Matur Hilia

Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, masjid ini dibangun pada sekitar tahun 1885 oleh Tuanku Alam Putiah, seorang ulama yang memasyarakatkan agama Islam di daerah Matur.  Bangunan Masjid ini dikelilingi oleh pagar tembok setinggi 0,5 m, panjang 28 m dan lebar 26 m, sedangkan pintu masuk ke kompleks masjid berada di sisi selatan.

Bagian mihrab berukuran 7,5 x 4,5 m, dan serambi depan berukuran 5,25 x 5 m, sedangkan pada bagian tengah ruangan utama terdapat 9 tiang dari bahan kayu yang posisinya secara persegi  konsentris dengan sebuah tiang di tengah. Tiang utama yang berada di tengah-tengah berhias ukiran bunga dan kaligrafi Arab yang distilir.

Bangunan menara yang berada di pintu masuk kompleks masjid berupa bangunan bata berspesi tanpa atap, berbentuk persegi delapan dengan tinggi 3,5 m dan keliling lingkaran 4 m. Pintu masuk berada di barat laut menghadap ke mesjid. Pada bagian atas pintu terdapat tulisan Arab dalam bidang setengah lingkaran dan  angka tahun dengan kata latin ANNO 1931. Berdasarkan langgamnya bangunan menara ini mempunyai arsitektur Belanda. Fungsi menara ini adalah untuk mengumandangkan adzan.

Share di situs jejaring sosial :