Selasa, 12 Desember 2017 / 23 Rabiul Awwal 1439 H
Pariwisata Detil Cagar Budaya
RUMAH GADANG TUANKU ALAM PUTIAH

Lokasi : Kecamatan Matur

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari keluarga Ny. Risna wahyu Leliza, bangunan rumah adat ini dibangun pada tahun 1831 oleh Tuanku Alam Putiah yang berasal dari Baso yang merantau dan akhirnya menetap di Matur. Bangunan ini merupakan rumah adat yang diwariskan secara turun-temurun dan sekarang ditempati oleh keluarga Ny. Sah Chiar  bersama anak cucunya. Ny. Sah Chiar merupakan generasi keenam yang menempati rumah gadang tersebut.

Bangunan rumah gadang ini mempunyai atap gonjong 4 dan sebuah atap gonjong pada bagian teras depan bagian pintu masuk. Pada dinding depan diberi hiasan ukiran yang cukup kaya. Secara keseluruhan bangunan rumah ini berukuran 19,6 x 8,8 meter, bagian dalam 9 buah kamar dan sebuah dapur di bagian belakang yang merupakan bangunan tambahan. Ruangan tengah merupakan ruang tamu, sedangkan kamar tidur diletakkan di bagian samping kiri-kanan dari sisi bagian belakang.

Pada masing-masing pintu kamar pada bagian atasnya dihiasi dengan gambar matahari dari bahan kayu. Tiang utama penyangga ini berjumlah 8 buah, berbentuk segi delapan polos, kecuali pada bagian tengahnya yang diberi hiasan ukir-ukiran pada kedelapan sisinya.

Share di situs jejaring sosial :