Kamis, 19 Oktober 2017 / 28 Muharram 1439 H
Pariwisata Detil Cagar Budaya
BANGUNAN MENYERUPAI “CANDI”

Lokasi : Kecamatan Banuhampu

Jorong Taluak Nagari Taluak Ampek Suku

Bangunan ini oleh masyarakat setempat disebut ”Candi”. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari penduduk setempat, usia bangunan ”Candi” ini lebih tua dibandingkan dengan usia Masjid Taluak dan fungsinyapun masyarakat setempat tidak ada yang tahu. Bangunan ini terletak di kompleks pemakaman umum Jorong Taluak di dekat Masjid Taluak. Kondisi bangunannya sudah rusak dan banyak spesinya yang terkelupas. Bentuk bangunan bulat segi delapan, berukuran tinggi sekitar 3 m. Keliling bangunan sekitar 8 meter  dengan bagian dalam berupa ruangan kosong yang dilengkapi dengan pintu masuk di sisi barat. Pintu masuk bagian atas berbentuk lengkung yang berujung lancip.

Bangunan ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian bawah (kaki), badan, dan atap, bagian kaki mempunyai tinggi 0,5 m dan mempunyai pelipit pada bagian atas dan bawah. Bagian badan terbagi dalam dua bidang yang dibatasi dengan bentuk pelipit. Bagian bawah terdiri dari tujuh bidang melingkar dan pada masing-masing bidang diberi hiasan berupa bidang bangun segitiga dipadu dengan garis lurus, sedangkan badan bagian atas pada masing-masing sudut bidang diberi plester dan pada bagian tengah bidang diberi hiasan berupa garis lengkung ke atas yang bagian dalamnya berpelipit. Bagian atap berbentuk kubah yang dilengkapi dengan kemuncak manyerupai (cikara) stupa Budha.

Bangunan pintu masuk berupa garis lengkung ke atas dengan tinggi 1,2 m diberi hiasan pelipit dan pada bagian dalam pintu masuk berupa lengkung setengah lingkaran di bagian atasnya, berukuran tinggi 80 cm, lebar 50 cm, dan tebal 60 cm.

Share di situs jejaring sosial :