Kamis, 22 Februari 2018 / 6 Jumadil Akhir 1439 H
Berita Detil

Selasa, 30/01/2018  09:58 WIB

Pemkab Agam Dapat DAK Sebesar Rp.12,03 Miliar

PemkabAgamDapatDAKSebesarRp.12,03Miliar

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, mendapatkan Dana Alokasi Khsus (DAK) reguler sebesar Rp12,03 miliar untuk peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dari pemerintah pusat pada 2018.

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Isra di Lubukbasung, Selasa (30/1) mengatakan, dana sebesar Rp12,03 miliar ini diperuntukan untuk Sekolah Dasar Rp5,3 miliar dan SMP Rp7,30 miliar.

 

"Seluruh dana ini akan dikelola oleh pihak sekolah," katanya.

 

Ia mengatakan, dana ini digunakan untuk kegiatan peningkatan sarana atau peralatan belajar dan prasarana atau perbaikan gedung.

 

Saat ini, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari Kementrian Pendidikan Republik Indonesia terkait dana yang akan digunakan untuk sarana dan prasarana tersebut.

 

"Kita masih menunggu petunjuk teknis dan berharap pada Maret 2018 sudah sampai ke Agam, sehingga pihak sekolah bisa menggunakan anggaran itu," katanya.

 

Menurut dia, DAK reguler untuk peningkatan sarana dan prasarana yang diterima pada tahun ini lebih kecil pada tahun sebelumnya.

 

Pada 2017, tambahnya, DAK untuk SD sebesar Rp5,92 miliar dan SMP Rp11,25 miliar.

 

Berkurangnya DAK yang diterima pemerintah setempat akibat kebijakan dari pemerintah pusat.

 

"DAK ini setiap tahun cendrung berkurang karena pemerintah pusat menganggap perbaikan ruang belajar dan lainnya sudah tuntas," katanya.

 

Ketua Komisi IV Bidang Pendidikan dan Kesra DPRD Agam, Irfan Amran berharap petunjuk teknis ini segera mungkin sampai di Agam, sehingga pihak sekolah bisa menggunakan anggaran itu secepat mungkin menjelang akhir tahun.

 

Namun pihaknya juga berharap pihak sekolah untuk menggunakan dana itu sebaik mungkin sesuai dengan petunjuk teknis dan selalu mengawasi pekerjaan.

 

"Jangan sampai dana tersebut salah sasaran yang berdampak terhadap mutu pendidikan dan pengelola dana itu akan berurusan dengan pihak berwajib," katanya.

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: