Kamis, 22 Februari 2018 / 6 Jumadil Akhir 1439 H
Berita Detil

Senin, 29/01/2018  08:48 WIB

Generasi Masa Depan yang Unggul Miliki Dua Keunggulan

GenerasiMasaDepanyangUnggulMilikiDuaKeunggulan

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Drs. Burhasman, MM mengatakan, generasi masa depan yang maju harus memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki orang lain. Keunggulan dimaksud ada dua, yaitu Kompetitif dan Komparatif.

"Kompetitif seperti memiliki kepamampuan yang dimiliki orang lain, sedangkan komparatif memiliki kemampuan yang tidak dimiliki orang lain," ujar Burhasman saat membuka CJSC di SMAN Agam Cendekia, Minggu (28/1).

Dikatakannya, tahun 2018 siswa SMA yang bakal tamat lebih 57 ribu, artinya 57 ribu pula yang memiliki ijazah SMA, kalau hanya mengandalkan ijazah, itu hanya memiliki keunggulan kompetitif.

"Untuk memenangkan persaingan dalam kehidupan yang ril, seperti masuk perguruan tinggi atau kerja, disamping memiliki keunggulan kompetitif juga memiliki kemampuan komparatif," ujarnya.

Ini lah yang harus diperjuangakan pihak sekolah, bagaimana membentuk siswa untuk memiliki kemampuan yang tidak dimiliki orang lain, seperti SMAN Agam Cendekia membina disiplin, jujur, dan tepat waktu kepada siswa.

"Seiring dengan hal itu, maka karakter siswa juga bisa terbentuk, karena tidak semua orang pintar yang tepat waktu, dan jujur, karena tidak memiliki karakter yang bagus," katanya.

Maka, siswa yang berkarakter harus bisa menghadapi kehidupan dan lingkungan yang berubah, siswa tamat SMA maju keperguruan tinggi luar daerah, selamat atau tidaknya itu tergantung karakternya sendiri. "Untuk itu, sekolah harus bekerjasama dengan orang tua murid, bagaimana mengawal perilaku anak ke yang lebih baik," ujarnya.

"Persiapkan lah diri dengan baik, dan miliki karakter yang kuat, kuasai literasi minimial bisa berbahasa asing, dan belajar bahasa jangan berpikir untuk UN, tapi untuk berkerja dalam mencapai masa depan yang cerah," ujarnya mengajak siswa.

Dengan demikian, dalam rangka menambah keunggulan siswa, pihaknya sangat mensupor kegiatan CJSC yang digelar SMAN Agam Cendekia, dengan kegiatan itu bakal mendorong siswa untuk belajar lebih giat.

"Kepada siswa, ikutilah segala bentuk jenis perlombaan yang bisa diikuti, karena orang yang mau berlomba orang yang berani mencoba, berani sukses kita juga harus berani mengambil resiko," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk menjadi orang sukses juga harus kreatif, inovatif, berpikir positif dan kritis, karena pada dunia pendidikan abad 21 ini, minimal harus fokus kepada karakter, kompetisi, dan literasi.

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: