Kamis, 22 Februari 2018 / 6 Jumadil Akhir 1439 H
Berita Detil

Senin, 29/01/2018  08:46 WIB

1127 Siswa Ikuti Lomba CJSC

1127SiswaIkutiLombaCJSC

Ribuan siswa SD, SMP se Provinsi Sumatera Barat, dan Riau, mengikuti Cendekia's Junior Science Contest (CJSC), yang digelar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Agam Cendekia, Kabupaten Agam, selama dua hari, mulai Minggu (28/1) sampai Senin (29/1).

CJSC yang dibuka Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Drs. Burhasman, MM tersebut, diikuti sekitar 1127 siswa. CJSC sendiri merupakan nama dari lomba Matematika dan IPA (MIPA), peserta juga mengikuti lomba Tim And Green (TNG) tingkat SMP, dan Elemen Teknis School (ETS) tingkat SD.

Burhasman mengapresiasi ivent yang digelar SMAN Agam Cendekian tersebut, bahkan kegiatan itu sudah dijadikan agenda tahunan, semoga sekolah lain juga termotivasi untuk menggelar kegiatan-kegiatan yang mampu menunjang kemampuan siswa kedepannya.

Dikatakannya, terkait lomba, sekolah di Sumatera Barat memang di dorong untuk mempunyai brand atau merek tersendiri, kalau SMAN Agam Cendekia brandnya Cendekia's Junior Science Contest (CJSC), tentu sekolah lainnya juga harus bisa menciptakan merek lain sesuai keunggulan sekolah masing-masing.

"Sekolah diberi peluang untuk menjadi sekolah terbaik, tentu sekolah tersebut harus mampu mencitrakan diri menjadi lebih baik, dengan menggelar berbagai perlombaan atau iven untuk menciptakan siswa yang berkemampuan tinggi," ujarnya.

Burhasman menekankan, bagi peserta yang mengikuti lomba, jangan melihat ke arah pemenangnya, karena mengikuti lomba merupakan sebuah proses. "Di mana, perlombaan sebagai melatih diri untuk berproses menuju masa depan yang cerah," ujarnya pula.

"Hal itu karena, masa depan siswa saat ini lebih berat dari masa depan kita sekarang, yang nantinya mereka bakal bersaing dengan masin seiring berjalannya waktu terkait perkembangan dunia saat ini," kata Burhasman.

Dikatakannya, jangan bayangkan bersaing itu hanya dengan orang saja, karena dunia sudah semakin maju, sehingga berpikirlah bagaimana untuk memiliki keunggulan tersendiri yang tidak ada orang lain punya.

Sedangkan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam, Drs. Isra, Dt. Bandaro hadir pada saat itu mengatakan, lomba MIPA merupakan sebagai ilmu pengetahuan dasar, perlu menjadi perhatian khusus bagi guru dalam membekali peserta didik untuk mempelajarinya.

"Apa lagi pada era globalisasi saat ini, persaingan hidup semakin kompleks, untuk itu perlunya membangun generasi masa depan yang berkualitas, memiliki pemahaman terhadap ilmu dengan baik, dan memiliki kepribadian yang tangguh," ujarnya.

Dengan demikian, melalui lomba itu diharapkannya dapat memberikan kontribusi yang positif untuk pengembangan kompetensi, dan kemajuan pendidikan siswa.

Lebih lanjut Isra mengimbau, bagi siswa yang berprestasi pada lomba itu jangan merasa bangga, karena masih banyak yang harus dipelajari, dan dibenahi untuk masa depan yang lebih baik. Untuk siswa yang belum berhasil, diharapkan jangan berkecil hati, karena masih banyak waktu untuk mempersiapkan diri.

Sementara itu, Kepala Kepala Sekolah SMAN Agam Cendekia Afriyetti menyebutkan, CJSC kali ini merupakan yang ke-10, seiring berjalannya waktu dibentuk lagi lomba TNG yang merupakan sebagai implementasi program OSIS. 

"TNG terbentuk setelah siswa SMAN Agam Cendekia diundang Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sumbar, untuk mengikuti pelatihan mengenai lingkungan hidup, bahkan langsung dirusuh mengadakan lomba mengenai pelestarian lingkungan hidup, sehingga pelaksanaan lomba TNG saat ini sudah masuk tahun ke-5," ujarnya.

Begitu juga dengan ETS, berkat konsultasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, saat ini lomba itu sudah masuk tahun ke-4.

Afriyetti mengatakan, kegiatan itu dalam rangka meningkatkan kretifitas siswa dalam seni, membangkitkan semangat siswa untuk berkompetisi, dan meningkatkan kepedulian lingkungan serta mengembangkan bakat dan kreatifitas.

Sementara itu, Ketua OSIS SMAN Agam Cendekia, Heru Gunawan Putra menyebutkan, tema CJSC adalah "arungi dunia mu dengan genggaman sepuluh jari, menuju masa depan cemerlang lima langkah di depan mata, bersama empat warna kehidupan dari bumi yang berbeda untuk langit yang sama.

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: