24 Maret 2018

-

Membuka kegiatan Sosialisasi Deteksi Dini Aparatur dan Pelatihan Manajemen Penanganan Konflik bagi Aparatur Kesbangpol dan Aparatur Kecamatan di Kab. Agam

» jadwal kegiatan lainnya

Rabu, 25 April 2018 / 9 Sya'ban 1439 H
Berita Detil

Selasa, 12/12/2017  15:48 WIB

Disdukcapil Agam Buka "Lapak" Pada Pekan Pendaftaran Penduduk Tingkat Provinsi

capil

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, membuka "lapak" di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat, dalam rangka mengikuti Pekan Pendaftaran Penduduk, yang dilaksanakaan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPPKB dan Dukcapil) Sumbar, yang berlangsung sejak, Kamis hingga Minggu (7-10 Desember 2017).

Kegiatan yang pertama kali di Indonesia tingkat provinsi tersebut, diikuti seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat, dalam mempercepat perekaman data untuk pengurusan KTP elektronic. Tidak hanya itu, pemerintah juga melayani percetakan e-KTP bagi masyarakat yang selama ini baru mendapatkan surat keterangan (Suket).

Dengan demikian, Kepala Disdukcapil Kabupaten Agam Drs. Misran, M.Pd, menyebutkan, keikutsertaan Agam dalam kegiatan itu merupakan bukti nyata pelayanan prima, yang diberikan pada masyarakat Agam, baik dalam daerah maupun luar daerah.

"Di samping itu, bagi mahasiswa menjalankan pendidikan di Kota Padang yang belum memiliki e-KTP, agar mengunjungi stand Disdukcapil Agam, kami bakal merekan data dan mencetak e-KTP dengan gratis," ujarnya mengimbau.

Ia menyebutkan, selain mempermudah maysarakat dalam berurusan, kegiatan tersebut juga sebagai moment mempercepat capaian target nasional, sehingga seluruh Dukcapil kabupaten/kota diikutkan pada kegiatan itu.

"Untuk itu, diharapkan masyarakat khususnya Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada umumnya, agar dapat menyukseskan kegiatan Pekan Pendaftaran Penduduk, terutama dalam kepemilikan e-KTP," ujar Misran berharap.

Namun, Kepala DPPKB dan Dukcapil  Sumbar Novrial, SE, MA. Akt, seperti dikutip JawaPos.com menjelaskan, sebanyak 316 ribu warga Sumbar belum melakukan perekaman e-KTP, dari jumlah penduduk yang ada di Sumatera Barat yaitu 5,4 juta jiwa pada 2017.

"Dari jumlah itu, 3,8 jiwa di antaranya sudah memiliki e-KTP, sedangkan 316 ribu warga belum melakukan perekaman, dan diyakini kebanyakan bagi warga yang baru menginjak umur 17 tahun," ujarnya.

Dengan demikian, perekaman data kependudukan Sumbar sudah mencapai 91,67 persen, dan pihaknya terus berupaya mengebut perekaman e-KTP secepatnya hingga 100 persen, karena tenggat waktu perekaman hanya sampai Februari 2018.

 Disajikan Oleh : Bagian Hubungan Masyarakat
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: