17 Desember 2017

-

Menghadiri Tablig Akbar dan Memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1439 H dengan Pembicara Buya Drs. H. Abubakar Syarif. M, Hi (Pensiunan Hakim Tinggi Agam Jakarta)

-

Malewakan Gala Sako Pasukuan Koto Payuang Panji Dt. Sati, Nagari Balingka Kecamatan IV Koto

» jadwal kegiatan lainnya

Minggu, 17 Desember 2017 / 28 Rabiul Awwal 1439 H
Berita Detil

Kamis, 16/11/2017  09:26 WIB

Januari 2018, Pemkab.Agam Berlakukan Transaksi Non Tunai

Wakil Bupati Agam H. Trinda Farhan Satria, Dt. Tumangguang Putiah, mengatakan, transaski non tunai merupakan sebagai salah satu upaya mencegah korupsi, karena hal itu dianggap lebih praktis, dan meminimalisir kemungkinan terjadinya praktek-praktek korupsi.

Pemindahan dana dengan cara itu juga memungkinkan pencatatan serta pengawasan yang lebih baik, karena dengan sistem itu akan menyulitkan transaksi-transaski ilegal seperti, penyuapan, dan transaksi barang terlarang, karena setiap transaksi akan terlacak.

Hal itu ditegaskan Trinda Farhan Satria, Dt. Tumangguang Putiah, saat membuka sosialisasi implementasi transaksi non tunai bagi Pemkab. Agam, di aula Kantor Bupati Agam, Rabu (15/11).

Dikatakan, dalam upaya pencegahan, dan pemberantasan korupsi, Presiden RI telah mengeluarkan Intruksi Presiden Nomor 10 tahun 2016, tentang aksi pencegahan, dan pemberantasan korupsi dengan mengintruksikan kepala daerah se Indonesia, untuk melaksanakan aksi  dalam bentuk percepatan implementasi transaksi non tunai di seluruh Kementerian atau lembaga, dan pemerintah daerah.

Menindaklanjuti instruksi presiden dimaksud, Menteri Dalam Negeri melalui surat edaran Nomor : 900/1867/SJ tanggal 17 April 2017, memberi batas waktu paling lambat pada 1 Januari 2018, seluruh daerah sudah melaksanakan transaksi non tunai.

Ditegaskan Trinda Farhan Satria, Pemkab Agam secara efektif melaksanakan transaksi non tunai mulai 1 Januari 2018, karena keterbatasan infrastruktur terkait dengan penyelenggaraan transaksi tersebut, maka pelaksanaannya di Agam, dilakukan secara bertahap, hanya pada beberapa rekening belanja tertentu.

Diakui wabup, selama ini Agam sudah melaksanakan transaksi non tunai, tapi hanya terbatas sampai pada bendahara, dan pembayaran kepada pihak ketiga untuk pekerjaan yang dikontrakan, serta beberapa pembayaran penerimaan pegawai.

"Namun, kedepan transaksi non tunai kita laksanakan sampai pada tahap pembayaran dari bendahara pengeluaran kepada pihak yang berhak menerima," ujarnya lagi.

Dijelaskannya, mekanisme transaski non tunai yang bakal diimplementasikan pada 1 Januari 2018 itu, juga bakal mengalami perubahan, di mana transaksi tersebut akan dilakukan secara elektronik menggunkaan aplikasi yang sudah disiapkan pihak Bank Nagari Sumatera Barat.

Wabup Agam menghimbau, mulai dari Kepala OPD, KPA, PPK, PPTK, bendahara, dan seluruh pegawai harus siap melaksnaakan transaksi non tunai itu, karena ini tidak hanya soal kepraktisannya, tapi juga kecepatan proses transaksi yang juga sangat berpengaruh pada perekonomian, dan pengelolaan keuangan daerah dapat berlangsung lebih transparan dan akuntabel.

Sementara, Ketua Pelaksana sosialisasi implementasi transaksi non tunai Hendri G, mengatakan, kegiatan itu merupakan hasil kerjasama Pemkab. Agam dengan Bank Nagari Sumatera Barat, Cabang Lubuk Basung. "Selain itu, juga sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan kerjasama dalam rangka implementasi transaksi non tunai di lingkungan Pemkab Agam," ujarnya.

Dikatakan, sosialisasi tersebut diikuti seluruh kepala OPD, pejabat penatausahaan keuangan OPD, bendahara pengeluaran serta bendahara pengeluaran pembantu pada Sekretariat Daerah, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kegiatan itu dibagi dua sesi, pertama sosialisasi tentang kebijakan transaksi non tunai untuk Kepala OPD, pejabat penatausahaan keuangan OPD. Sesi ke dua, sosialisasi teknis implementasi transaksi non tunai secara elektronik, dengan aplikasi yang sudah disiapkan untuk para bendahara pengeluaran, dan bendahara pengeluaran pembantu," jelasnya. Sosialisasi tersebut, menghadirkan narasumber dari Badan Keuangan Daerah Sumatera Barat, dan Bank Nagari Sumatera Barat.

Sumber : Bagian Humas Setda Agam

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: