31 Agustus 2017

-

Temu Ramah dan Silaturrahmi dengan Perantau Palembayan ( Malaysia & Indonesia) dengan Tema “ Mampaharek Silaturahmi antaro rantau jo kampuang halaman”

-

Melepas Pawai Takbiran dalam Rangka Menyambut dan Memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 M

» jadwal kegiatan lainnya

Jum'at, 24 November 2017 / 5 Rabiul Awwal 1439 H
Berita Detil

Minggu, 12/11/2017  00:00 WIB

Empat Kafilah Agam Terbaik Pertama Pada MTQ ke-37 Sumbar

Empat Kafilah Agam Terbaik Pertama Pada MTQ ke-37 Sumbar

Empat Kafilah Agam keluar sebagai terbaik pertama, pada puncak pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ)  XXXVII, tingkat Provinsi Sumatera Barat, di Kota Pariaman, yang resmi ditutup Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Jum'at (10/11) malam, sekitar pukul 23.30 WIB.

"Pada pelaksanaan MTQ ke-37 tersebut, delapan kafilah Agam berhasil menggaet tiket ke partai final. Empat diantaranya berhasil merebut terbaik pertama, satu orang terbaik dua, dan tiga orang terbaik tiga," ujar Wakil Ketua Kafilah Agam, Syatria, S.Sos, M.Si, melalui via ponsel, Sabtu (11/11) .

Ia menjelaskan, empat kafilah Terbaik Pertama yaitu, Husni Mubaroq di golongan Hafizh 30 Juz Puta, Halimatussa'diah (Hafizh 30 Juz Putri), Yana Saputri (Tafsir Bahasa Arab Putri), dan Rahimatul Fikri di golongan Kitab Standar Putri.

Kafilah yang bertengger di posisi Terbaik Dua yaitu Afdal Ramadi di golongan Khat Naskah Putra. Sedangkan kafilah Terbaik Tiga di rebut Khalid Wiqiyan di golongan Tafisr Bahasa Arab Putra, Rahmy Nailu Syahdah (Tafsir Bahasa Indonesia Putri), dan Santy Novita di golongan Tahfiz 20 Juz Putri.

Selanjutnya, dengan perjuangan maksimal, Kafilah Agam juga menyumbangkan harapan 3 di 14 golongan lomba. Sehingga, prestasi yang berhasil diraih pada pelaksanaan MTQ ke 37 tersebut, mengantarkan Kabupaten Agam pada peringkat ke tujuh.

Sedangkan untuk juara umum masih dipertahankan Kota Padang, disusul Kota Pariaman sebagai tuan rumah di posisi ke- dua, dan diikuti Kabupaten Padang Pariaman di posisi ke tiga. Sementara untuk posisi ke empat, lima, dan enam, digapai Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pasaman, dan Pesisir Selatan.

Syatria mengaku bangga atas prestasi yang diperoleh Kafilah Agam, dengan kemampuan maksimal, dan perjuangan yang berat, Agam berhasil bertengger di peringkat ke tujuh. Meskipun, pada 2016 Agam berada pada posisi enam, namun raihan prestasi tidak menurun dari sebelumnya.

Lebih lanjut Sytaria mengatakan, pelaksanaan MTQ ke 37 ditutup secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit. Pada kesempatan itu juga dihadiri Sekda Agam Drs. H. Martias Wanto, Dt. Maruhun, Asisten II Setda Agam Ir. H. Isman Imran selaku penanggungjawab kafilah Agam.

Ia mengatakan, pada acara penutupan Wagub Sumbar mengungkapkan, selain menggapai prestasi, ajang MTQ tingkat Sumbar ini juga wadah latihan bagi qori dan qori'ah terbaik Sumbar, untuk mempersiapkan diri menghadapi MTQ tingkat Nasional, di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara pada 2018 mendatang.

"Untuk itu, setelah menang di tingkat provinsi, para juara didorong untuk terus berlatih. Sebab, ajang yang lebih besar dengan lebih banyak persaingan juga telah menanti," ujar Syatria menirukan ucapan wagub, sembari berharap.

Di samping itu, Wagub juga berharap pada semua kafilah MTQ, agar mampu mengimplementasikan apa yang diperlombakan.

"Hakekat MTQ ini adalah pengalaman di tengah kehidupan sehari-hari," ujar wagub mengakiri.

Sumber : Bagian Humas Setda Agam

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: